PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

Authors

  • Aulia Akbar STKIP Sebelas April Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Keywords:

Kompetensi, Pedagogik, Guru

Abstract

Kualitas seoang guru dapat diukur dari seberapa besar guru menguasai empat kompetensi yang ada. Keempat kompetensi tersebut yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi keperibadian. Dalam praktiknya da satu kompetensi yang membedakan antara guru dan profesi lainnya yaitu kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang mutlak dimiliki oleh guru sekaligus kompetensi ini merupakan kompetensi yang membedakan guru dengan profesi lainnya. Kompetensi ini mencakup pengetahuan dan keterampilan yang luas serta mendalam mengenai karakteristik siswa serta psikologi siswa. dengan menguasai kompetensi ini diharapkan guru dapat lebih efektif dan efisien dalm berinteraksi dengan siswa serta dapat memacahakan permasalahan yang terjadi pada siswa. Agar dapat mengembangkan diri, seorang guru harus selalu mengasah pengetahuan dan keterampilan menganai pembelajaran dan siswa. beberapa cara yang dapat dilakukan guru dalam mengasah kemempuannya yaitu: rajin rmembaca buku-buku pendidikan, membaca dan menulis karya tulis ilmiah, mengikuti berita aktual dari media pemberitaan, serta mengikuti pelatihan.

References

Asmarani, N., 2014. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Bahana Manajemen Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 2 Nomor 1, Juni 2014.

Kusnandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Meutia, H., Johar, R., Ahmad, A., 2013. Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menerapkan Penilaian Kinerja Untuk Menilai Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, Volume 1, N omor 2, April 2013.

Mulyasa, E., 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sari, Z. I., & Noe, W,. 2014. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Kinerja Mengajar Guru di SDIT Nurul Falah Kec. Tambun Utara Kab. Bekasi. Jurnal Pedagogik, Vol. II, No. 1, 2014.

Saud., U., S., 2010. Pengembangan Profesi Guru. Alfabeta. Bandung.

Suprihatiningrum, J. 2014. Guru Profesional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahyudi, I. 2012. Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. PT.Prestasi Pustakarya. Jakarta.

Downloads

Published

2021-01-21

How to Cite

Akbar, A. (2021). PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099