IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TENTANG SISTEM REGULASI DI KELAS XI MIPA 3 SMAN 2 KOTA BOGOR

Authors

  • R. Tati Prihartati SMA Negeri 2 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4677

Keywords:

Hasil Belajar, Biologi, Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran Biologi tentang sistim regulasimelalui model pembelajaran mind mappingsehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi tentang sistem regulasi melalui model pembelajaran mind mapping, (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi tentang sistem regulasi melalui model pembelajaran mind mapping XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kota Bogor Semester 2 Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan  model  pembelajaran mind mapping dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelasXI IPA 3 SMA Negeri 2Kota Bogor semester 2 Tahun Pelajaran 2018 /2019. Sebelum menggunakan model pembelajaran mind mapping hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata kelas 65.63 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran mind mapping menjadi 75 pada siklus 1 dan 81,72 pada siklus 2. Dapat disimpulkan penggunaan  model  pembelajaran mind mapping yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

References

Azhar Arsyad, (2011), Media Pembelajaran, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Dimyati dan Mujiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Lusia Tri Astuti, (2009), Matematika Kelas 5 SD/MI, Jakarta, Pusat Pembukuan Depdikbud

http://de2halimah.blogspot.co.id/2010/12/metode-pembelajaran-metode-pemberian.html

Musfiqon (2010), Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta, Prestasi Pusaka

Moedjiono dan Dimyati, M. (1992/1993). Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Depdikbud

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Jakarta, Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Standar Isi, Jakarta, Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006, Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta, Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, Standar Proses, Jakarta, Depdiknas

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Jakarta, Kemendikbud

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta

Supriatna, N. d. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistim Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Prihartati, R. T. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TENTANG SISTEM REGULASI DI KELAS XI MIPA 3 SMAN 2 KOTA BOGOR. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 74–90. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i2.4677