Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tentang Interactions Between Teachers And Students Inside And Outside The Classroom That Can Foster Behaviour di Kelas Xi Ea

Authors

  • Sulaiman Sulaiman SMKN 2 Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i3.5043

Keywords:

Model Pembelajaran Picture and Picture, Bahasa Inggris, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan berawal dari kondisi rendahnya pencapaian nilai akhir siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan perlunya kepekaan seseorang guru untuk menggunakan suatu model pembelajaran yang dapat memicu siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Fenomena ini perlu dicermati sebagai upaya untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang tepat sehingga memberdayakan siswa sepenuhnya dalam belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan Penggunaan pembelajaran model Collaboration Type Picture and Picture dalam pembelajaran membuat siswa tidak bosan dan jenuh sebaliknya merasa senang sehingga aktivitas belajar mereka meningkat. Hal ini terbukti pada siklus I ada 31,42% atau 11 siswa yang aktif, 34,28 % atau 12 siswa yang cukup aktif dan 34,28 % atau 12 siswa yang kurang aktif pada saat pembelajaran. Setelah guru memperbaiki hasil refleksi pada siklus I maka pada siklus II didapat 77,14% atau 27 siswa aktif pada saat pembelajaran dan 22,85% atau 8 peserta tidak yang cukup aktif pada saat pembelajaran serta 0,00% atau tidak ada siswa yang tidak aktif pada saat pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai siswa. Pembelajaran model Collaboration Type Picture and Picture dapat meningkatan hasil belajar pesertsa didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas XI EA SMK Negeri 2 Bogor dengan menggunakan Pembelajaran model Collaboration Type Picture and Picture.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendektan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta. Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Bumi Aksara, Jakarta.

Armanto, D. 2008. Desain Intruksional Matematika, Pascasarjana Unimed, Medan.

Armawa, I.M. 2007. Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Dalam Aljabar Abstrak Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS (Online) (http://www.sunan-ampeLac.id, diakses 23 Juli 2008).

Dubinsky, E. 2001. Using of Learning in College Mathematics Courses (online) (edd@mcs kent edu, diakses 23 Juli 2008).

Dubinsky, E. & Donal, Mc. 2001. "APOS: A Construlctivist Theory of learning in Undergreduate Mathematics Education Research". Dalan D. Holton (ed). The Teaching ang learning of Mathematics as University level. Dordreacht Klumer Academic Publisher.

Daley, B.J. Shaw C.R. Balistrieri, 1'.: Glasenapp, K. Dan Piacentine L (1999), Concept maps: a strategy to teach and evaluate critical thinking, Journal of Nursing Education 38: 42-47.

Erynck, G. 1991. "Mathematical Creativity". Dalam D Talb (ed). Advanched Mathematical Thingking. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Eitel, F.; Kanz, KG.; Honig, E. Dan Tesche, A., (2000), Do we face a fourth paradigm shift in medicine”algorithms in educations? Journal of Evaluation in Clinical Practica 6: 321-333

GBPP, (2006), Garis-Garis Besar Program Pengajaran, Jurusan PMIPA STKIP Binjai

Gho7ali, Imam 2001. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, UNDIP, Semarang

Gultom, S, 2006. Penggunaan Media Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pembelajaran Dalam Bidang Kalkulus, FMIPA UNIMED. Medan.

Hanna, G. & Janhke, N. 1996. "Proof and Proving". Dalam A.J. Bishopetal (ed). International Handlook of Mathematics Educations. Dordrecht: "Kluwer Academic Publisher.

McGaghie, WC.; McCrimmon, D.R.; Mitchell, G.; Thompson, J.A. dan Ravitch, MM. 2000. Quantitative concept mapping in pulmonary physiology: comparison of student and faculty knowledge structures., Advances in Physiology Education 23: 72-81.

Downloads

Published

2021-07-12

How to Cite

Sulaiman, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tentang Interactions Between Teachers And Students Inside And Outside The Classroom That Can Foster Behaviour di Kelas Xi Ea. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(3), 123–134. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i3.5043