ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM

Authors

  • Desi Ratna Sari
  • Epon Nur'aeni Lukman UPI Tasikmalaya
  • Muhammad Rijal Wahid Muharram UPI Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5133

Keywords:

AKM Numerasi, Kemampuan Siswa, Soal Geometri

Abstract

Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang akan diselenggarakan pada jenjang pendidikan sekolah, khususnya dijenjang pendidikan Sekolah Dasar membutuhkan persiapan dalam rangka menyelenggarakannya. Salah satu komponen yang harus disiapkan diantaranya siswa. Kesiapan aspek siswa dalam hal ini dipandang sangat penting karena sebagai subjek yang akan diujikan dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kompetensi mendasar yang diujikan kepada siswa terbagi ke dalam 2 kompetensi yaitu literasi membaca dan numerasi. Salah satu lingkup materi pada AKM Numerasi yang diujikan adalah geometri. Penelitian ini membahas mengenai analisis kemampuan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal geometri pada AKM Numerasi ditinjau dari kualitas respon siswa berdasarkan hasil ketuntasan siswa dalam menyelesaikan tes. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Data diperoleh dari hasil tes dan wawancara dari siswa kelas IV di lingkungan warga RT 04 Pasirjaya Kota Tasikmalaya. Terdapat 1 siswa kelas IV yang menjadi subjek penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa tersebut dalam menyelesaikan soal geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi tergolong rendah yaitu dengan presentase sebesar 17,65%.

Author Biographies

Epon Nur'aeni Lukman, UPI Tasikmalaya

Dr. Hj. Epon Nur'aeni L., M.Pd.

Muhammad Rijal Wahid Muharram, UPI Tasikmalaya

Muhammad Rijal Wahid Muharram, M.Pd.

References

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439-1448.

Hartatik, S., & Nafiah, N. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32-42.

Kemdikbud (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum 2020. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nur'aeni, E. (2008). Teori Van hiele Dan Komunikasi Matematik (Apa, Mengapa dan Bagaimana). Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2-138.

Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 33-42.

Downloads

Published

2021-10-07

How to Cite

Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(4), 186–190. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i4.5133