PROBLEMATIKA GURU DALAM MENERAPKAN VIDEO PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH DI SD AL – AZHAR SYIFA BUDI CIBINONG

Salati Asmahasanah, Irfan Supriatna, Irma Hanifah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pola penelitian tunggal. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengikuti langsung pembelajaran menggunakan media video pembelajaran di kelas rendah. Teknis analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa problematika yang dialami guru dalam penerapan video pembelajaran yaitu 1) sulit nya pembagian waktu untuk membuat video pembelajaran, 2) pemilihan bahasa pada video pembelajaran, 3) penguasaan keterampilan dalam membuat video pembelajaran. Dalam hal ini peneliti juga memberikan solusi dari permasalahan  yang  muncul  dalam  penerapan  video  pembelajaran  di  kelas rendah, yaitu 1) pembagian waktu guru dapat dilakukan dengan menjadwalkan pembuatan video untuk pelajaran yang membutuhkan media video pembelajaran saja, 2) pemilihan bahasa pada video dapat dilakukan analisis video dengan menonton video yang ingin disampaikan (apabila menggunakan akses internet), dan analisis pemilihan kata yang mudah dipahami (apabila video pembelajaran dibuat sendiri oleh guru),  3) penguasaan keterampilan mengedit video selain pelatihan yang diadakan oleh sekolah hendaknya guru juga banyak mengakses cara mengedit video melalui akses-akses internet.


Keywords


Problematika Guru; Video Pembelajaran; Kelas Rendah

Full Text:

PDF

References


Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Dalimunthe, N. (2021). Penerapan Blended Learning Sebagai Alternative Model

https://www.beritasatu.com/megapolitan/818733/ptm-di-kabupaten-bogor- akan-diputuskan-senin. Diakses Pada 09 Desember 17:28.

https://www.jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/view/670

Literasi Nusantara. www.penerbitlitnus.co.id

Merdeka Belajar Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Untuk

Soprapno, dkk. (2021). Tantangan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19.

Sundale Vento. (2021, Agustus 25).PTM di Kabupaten Bogor.[MEGAPOLITAN]




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/jpg.v3i2.7196

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Salati Asmahasanah, Irfan Supriatna, Irma Hanifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPG: Jurnal Pendidikan Guru Indexed by: