UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Clara Ditri Rulianti, Muhammad Fahri, Kholil Nawawi

Abstract


Perubahan sistem pembelajaran ini salah satunya mempengaruhi minat belajar siswa, khususnya pada pelajaran matematika. Minat belajar siswa tidak bisa dipaksakan tetapi dapat dirangsang dengan bantuan guru. Tujuan penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika selama pembelajaran daring. 2) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring. 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul, kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah 1) pelaksanaan pembelajaran matematika selama pembelajaran daring memiliki tiga tahap yaitu: perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 2) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring yaitu: menjelaskan tujuan pembelajaran terlebih dahulu, memberikan motivasi kepada siswa, memberikan bimbingan belajar, menggunakan metode dan media yang bervariasi, dan memberikan Reward. 2) faktor pendukung guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring yaitu orang tua dan fasilitas, sedangkan faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring yaitu pembagian waktu, jaringan internet dan gadget.


Keywords


Upaya Guru; Minat Belajar; Matematika; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Astini, N K S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(3).

Astuti, S P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1).

Azis, A., & Syofnida I. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mukti Karya Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji. Terampil: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1).

Lailatussaadah. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 5(1).

Syaripah. (2016). Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Bidang Matematika Di Sekolah SMA N 1 Curup Timur T.P 2015/2016. Jurnal EduTech, 2(2).

Normawati, S., Sudirman A., & Selpi I. (2019). Etika & Profesi Guru. Riau: PT. Indragiri Dot Com.

Pohan, A E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: CV Budi Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/jpg.v3i2.7199

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF - 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Clara Ditri Rulianti, Muhammad Fahri, Kholil Nawawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPG: Jurnal Pendidikan Guru Indexed by: