UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Clara Ditri Rulianti Universitas Ibn Khaldun
  • Muhammad Fahri Universitas Ibn Khaldun
  • Kholil Nawawi Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i2.7199

Keywords:

Upaya Guru, Minat Belajar, Matematika, Pembelajaran Daring

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran ini salah satunya mempengaruhi minat belajar siswa, khususnya pada pelajaran matematika. Minat belajar siswa tidak bisa dipaksakan tetapi dapat dirangsang dengan bantuan guru. Tujuan penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika selama pembelajaran daring. 2) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring. 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul, kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah 1) pelaksanaan pembelajaran matematika selama pembelajaran daring memiliki tiga tahap yaitu: perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 2) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring yaitu: menjelaskan tujuan pembelajaran terlebih dahulu, memberikan motivasi kepada siswa, memberikan bimbingan belajar, menggunakan metode dan media yang bervariasi, dan memberikan Reward. 2) faktor pendukung guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring yaitu orang tua dan fasilitas, sedangkan faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat belajar matematika selama pembelajaran daring yaitu pembagian waktu, jaringan internet dan gadget.

References

Astini, N K S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(3).

Astuti, S P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1).

Azis, A., & Syofnida I. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mukti Karya Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji. Terampil: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1).

Lailatussaadah. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 5(1).

Syaripah. (2016). Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Bidang Matematika Di Sekolah SMA N 1 Curup Timur T.P 2015/2016. Jurnal EduTech, 2(2).

Normawati, S., Sudirman A., & Selpi I. (2019). Etika & Profesi Guru. Riau: PT. Indragiri Dot Com.

Pohan, A E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Downloads

Published

2022-05-10

How to Cite

Rulianti, C. D., Fahri, M., & Nawawi, K. (2022). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SELAMA PEMBELAJARAN DARING. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 121–128. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i2.7199