HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS DAARUL

Authors

  • Saniatul Hajiah Siregar Universitas Ibn Khaldun
  • Chodidjah Makarim Universitas Ibn Khaldun
  • Ahmad Mulyadi Kosim Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpg.v3i2.7201

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Keluarga, Prestasi Belajar, IPS

Abstract

Tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui hubungan komunikasi interpersonal keluarga terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, ingin mencari tahu kebiasaan belajar siswa di sekolah, kebiasaan belajar siswa di rumah, komunikasi interpersonal siswa dan hubungan antara komunikasi interpersonal keluarga dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDIP Daarul Jannah Cibinong Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan yaitu metode korelasional. Sampel yang diambil ialah pelajar dari kelas  V sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu kuesioner dengan alternatif jawaban skala Likert 1 sampai 5.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kebiasaan belajar siswa di sekolah (43%) cukup baik, kebiasaan belajar siswa di rumah (61%) termasuk dalam kategori sedang. komunikasi interpersonal siswa (93,7%) . Tidak adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal keluarga dengan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDIP Daarul Jannah Cibinong Kabupaten Bogor , berdasarkan perhitungan korelasi Thitung = 0,055 yang berada pada kisaran angka 0,00-0,20 yang  tidak termasuk korelasi rendah atau lemah. Sedangkan nilai rtabel N=48 sebesar 0,27 dengan taraf signifikansi 5% menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,0=702. Artinya (0,055 < T tabel = 0,702) dan (0,020 < 0,05).

References

Djamarah, S. B. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djamarah, S. B. 2020. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Effendy, O. U. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Karim, Abdul. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Semarang: CV, Surya Grafika Pati.

Liliweri, Alo. 2017. Komunikasi Antarpersonal. Jakarta: Kencana

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Penada Media Group.

Ngalim. 2018. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Djoko. 2018. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Rosyid, M, Z. 2020. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2013. Belajar Dan Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Lidia. 2019. Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik Teori Dan Implementasinya. Malang: Literasi Nusantara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Arwan. 2018. Efektivitas Komunikasi Interpersonal Keluarga di Masyarakat Nelayan Meskom Bengkalis. Jurnal Risalah. 29(1):32-47.

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/risalah/article/view/5887.

Baharuddin. 2019. Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Pada Min 1Lamno Desa Pante Keutapang Aceh Jaya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah: Media Kajian Pengembangan Masyarakat Islam. 5(1): 105-123.

https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PMI/article/view/4207

Dewirahmadanirwati. 2019. Peran Komunikasi Interpersonal di lingkungan Keluarga dalam Membentuk Pola Komunikasi Anak dengan Lingkungan Sosialnya. Jurnal JIPS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic). 3(3): 31-37.

http://e-journal.sastra-unes.com/index.php/JIPS/article/view/381

Hidayat, M, Ginanjar. 2013. Keseimbangan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan. 02(1):230-241.

http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/27.

L, Mariska, Gloria. 2014. Proses Komunikasi Orang Tua- Anak pada Keluarga dengan Ibu Bekerja dan Ayah Sebagai Ayah Rumah Tangga. Jurnal E-Komunikasi. 2(1):1-12.

http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/1739.

Murti, Siti. 2016. Pengaruh Kualitas Interaksi Sosial di Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 5 Samarinda). Al ibtida. 3(2):253-267.

https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/898.

Prasanti Ditha. 2016. Perubahan Media Komunikasi Dalam Pola Komunikasi Keluarga Era Global. Jurnal Commed. 1(1): 69-81.

http://113.212.163.133/index.php/commed/article/view/115.

Sumakul, Jovan, Beely. 2015. Peranan Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Identitas Remaja di Kelurahan Malalayang Kecaamatan Malalayang Kota Manado. E-journal "Acta Diurna”. 4(4):1-9.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/8502.

Umar, Munirwan. (2015). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi. 1(1): 20-28.

http://103.107.187.25/index.php/cobaBK/article/view/315.

Hafiz, M. A. 2018. Pola Komunikasi Keluarga dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak (Studi Kasus Deskriptif Kualitatif Siswa Berprestasi Di Smpn 1 P.Berandan). Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Downloads

Published

2022-05-10

How to Cite

Siregar, S. H., Makarim, C., & Kosim, A. M. (2022). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS DAARUL. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i2.7201