EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS KELAS IV DI MI MIFTAHUL JANNAH CIJANTUNG

Yasinta Azizah

Abstract


Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an merupakan pengetahuan dasar agar dapat menerapkan bacaan yang ada dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an dan Hadits keduanya menggunakan Bahasa Arab. Pembelajaran baca tulis ini diharapkan dapat mendukung pencapaian target pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini mempunyai tujuan “ingin mengetahui apakah efektifitas pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV MI Miftahul Jannah Cijantung Jakarta Timur”. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode resitasi (penugasan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode ini juga memerlukan responden sebagian siswa kelas IV MI Miftahul Jannah Cijantung yang berjumlah 50 peserta didik variabel pada skripsi ini ada 2 yaitu efektifitas pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penulis juga menggunakan metode wawancara, observasi dan angket (untuk memperkuat data. Dari jumlah murid yang mengerjakan (masuk pada kegitan ulangan) kurang lebih sebanyak 12 murid dengan rentang nilai rendah 30 – 72. Sedangkan kelompok nilai tinggi antara 85- 100. Dari jumlah murid yang mengerjakan kurang lebih sebanyak 11 murid dengan rentang nilai terendah 40- 70 sedangkan untuk nilai KKM = 72. Dari jumlah kelas 4 A 12 murid dan kelas 4 B 11 murid, ternyata mereka adalah murid yang belum bisa membaca Al-Qur’an bahkan masih belum hafal huruf dan belum bisa menulis huruf Al-Qur’an. Sedangkan rentang nilai tinggi antara 85-100 adaah murid yang sudah bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar. (36,39 % ) yang cukup lancar (45,48 %), kemudian peserta didik yang bisa menulis Al-Qur’an 34,09 % dan yang bisa kurang rapih (61,41 %).


Keywords


BTQ; Latihan; Berkelompok

Full Text:

PDF

References


Indonesia, D. A. (2007). Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan . Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Pendidikan Islam.

Nugraha, M. S. (2015). Pembelajaran Pai Berbasis Media Digital. Repository.upi, 8.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran disekolah dasar. jakarta : Prena media.

Syamsudin, A. (2014). non-test evaluation instruments, child development. Jurnal Prndidikan Anak, 2




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/jpg.v3i2.7202

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yasinta Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPG: Jurnal Pendidikan Guru Indexed by: