SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN PEKERJAAN KONSTRUKSI BANGUNAN SIPIL (Studi Kasus: CV Gubah Cipta Sasana)

Authors

  • Muhamad Lutfi

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v2i1.1548

Abstract

Sulitnya kondisi saat ini untuk mendapatkan proyek konstruksi bangunan bagi perusahaan jasa konstruksi akibat adanya persaingan yang ketat antara perusahaan jasa konstruksi yang ada, menuntut perusahaan jasa konstruksi untuk dapat meningkatkan daya saing dan kinerja perusahaannya untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan. Peningkatan kinerja perusahaan dapat dilakukan dengan adanya pembenahan internal manajemen perusahaan melalui efisiensi pelaksanaan pekerjaan konstruksi atau fisik di lapangan pada proyek konstruksi bangunan yang sedang ditangani. Pelaksanaan Pekerjaan konstruksi dilapangan harus selalu diawasi dan dikendalikan dengan baik, sebab baik buruknya hasil pekerjaan konstruksi dilapangan tergantung dari pengendalian pelaksanaan pekerjaannya. Semakin kompleksnya proses dan tahapan pekerjaan konstruksi yang keseluruhan menuntut ketepatan dan kecepatan tanpa mengabaikan kualitas dan kuantitas pekerjaan itu sendiri, maka kebutuhan informasi mengenai proses pekerjaan dan anggaran biaya pada saat proyek tersebut akan, sedang sampai dengan selesai merupakan suatu hal yang tidak dapat dikesampingkan. Kondisi proyek yang melibatkan banyak pihak dan orang, memberikan peluang terjadinya mis-informasi yang tentu berdampak pada proses pelaksanaan pekerjaan fisik itu sendiri. Dikarenakan banyaknya data informasi yang tidak cocok satu sama lain maka kemungkinan besar pelaksanaan pekerjaan dilapangan akan mengalami hambatan yang cukup besar bahkan kemungkinan proyek harus dihentikan. Apabila hal ini terjadi akan memberikan kerugian yang sangat besar bagi owner, pelaksana dan tenaga kerja. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka konsep yang baik diterapkan adalah merancang suatu sistem informasi yang dapat mengendalikan pekerjaan-pekerjaan yang ada pada sebuah proyek konstruksi dari awal sampai dengan akhir dengan berpedoman pada analisa harga satuan pekerjaan, rencana anggaran pelaksanaan dan rencana anggaran belanja.

References

. Daniel W. Halpin and Ronald W. Woodhead, 1980, Construction Management, Jhon Wiley & Sons, USA.

. Denny Sadhana SD. 1997. Sistem Manajemen Proyek Konstruksi. PT. Dutakreatif Nusantara. Bandung.

. Edward Yourdon, 1989, Modern Structured Analysis, Prentice-Hall International, New Jersey, USA.

. Istimawan Dipohusodo, 1996, Manajemen Proyek dan Konstruksi, Jilid 1, Kanisius, Yogyakarta.

. James Martin and Carma McClure, 1988, Structured Techniques The Basis for CASE, Prentice-Hall International Editions, New Jersey, USA.

. James Martin, 1989, Information Engineering Book II Planning and Analysis, Prentice-Hall International Editions, New Jersey, USA.

. J. L. Whitten, L. D. Bentley, and K. C. Ditman, 2004, System Analysis and Design Methodes, McGraw-hill Inc.

. Jogiyanto HM., 1993, Analisis dan Disain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur, Andi Offset, Yogyakarta.

. Moh. Sabar Djajapertjunda, 1995, Rekayasa Pelaksanaan dan Pengelolaan Proyek, Jilid II, Univ. Pakuan, Bogor.

. Raymond McLeod, Jr., 1995, Sistem Informasi Manajemen, Jilid I, Saduran, PT. Prenhallindo, Jakarta.

. Raymond McLeod, Jr., 1995, Sistem Informasi Manajemen, Jilid II, Saduran, PT. Prenhallindo, Jakarta.

. Wiryanto Dewobroto, 2005, Aplikasi Rekayasa Konstruksi dengan Visual Basic 6.0, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

. Wulfram I. Ervianto, 2005, Manajemen Proyek Konstruksi, Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

Lutfi, M. (2018). SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN PEKERJAAN KONSTRUKSI BANGUNAN SIPIL (Studi Kasus: CV Gubah Cipta Sasana). Jurnal Komposit, 2(1), 18–27. https://doi.org/10.32832/komposit.v2i1.1548

Issue

Section

Articles