KAJIAN DAMPAK LINGKUNGAN TERHADAP RENCANA KEGIATAN PEMBANGUNAN APARTEMEN, HOTEL, DAN AREA KOMERSIL OLYMPIC CITY BOGOR

Authors

  • Fabri Khaerulyansyah
  • Tedy Murtejo
  • Alimuddin Alimuddin

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v2i2.1555

Abstract

Pembangunan yang pesat di Kota Bogor dikarenakan tempatnya yang berdekatan dengan ibu kota ini mengharuskan pembangunan tidak hanya di pusat kota, untuk itu perlu juga redistrifungsi di pinggiran kota.Akibat dari pembangunan tersebut memberikan pula dampak negatif berupa meningkatnya tekanan terhadap lingkungan. Hal ini terjadi karena pembangunan yang ada kurang memperhatikan masalah daya dukung dan daya tampung lingkungan setempat, yang pada akhirnya meningkatkan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak negatif yang timbul dari suatu kegiatan maka dilakukan kajian kelayakan lingkungan berupa kajian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL) yang di dalamnya memuat Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak negatif dan positif, dan cara penanggulangan dampak yang akan terjadi di kawasan komersial dan residensian Olympic City Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi untuk mengetahui dampak dari rencana pembangunan apartemen, hotel dan area komersil Olympic City Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan dan wawancara menggunakan kuisioner. Dampak yang ditimbulkan pada tahap prakonstruksi adalah perubahan persepsi masyarakat dan keresahan masyarakat, sedangkan dampak yang ditimbulkan pada tahap konstruksi adalah penurunan kualitas udara, peningkatan kebisingan, penurunan kualitas air permukaan, peningkatan limpasan air, kesempatan kerja, peluang berusaha, peningkatan pendapatan masyarakat, keresahan masyarakat, perubahan persepsi masyarakat dan peningkatan pendapatan lalu lintas.Pencegahan yang dilakukan pada pembangunan apartemen, hotel, dan area komersil Olympic CityBogor dengan melakukan cara cara untuk meminimalisir dampak dengan melalui pendekatan teknologi, pendekatan sosial dan pendekatan institusi.

References

Djajadiningrat, Surna T, Melia F. 2004. Kawasan Industri Berwawasan Lingkungan (Eco Industrial Park), Rekayasa Sains, Bandung.

Masri MR. 2016. Evaluasi AMDAL Pembangunan Gedung 10 Lantai Di Pusat Kota Bandung. Teknik Sipil, Universitas Pendidikan Indonesia.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Jenis Rencana Usaha Dan/Atau Kegiatan Wajib Memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.

Peraturan Menteri Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan Dokumen Lingkungan Hidup.

Peraturan Pemerintah Nomer 27 Tahun 1999 Tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.

Shoba Anna. 2006.Evaluasi Pelaksanaan Pengelolaan Dan Pemantauan Lingkungan Pada Beberapa Industri Di Kabupaten Tangerang Universitas Diponogoro.

Undang-Undang Nomer 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Wahid A,Gunawan B, dan Husodo T. 2014. Efektivitas Pelaksanaan Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup Dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RKL-RPL) Pertambangan Batubara PT. Adaro Indonesia Di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Universitas Padjadjaran Bandung.

Google earth.

https://kotabogor.go.id

Downloads

Published

2018-08-01

How to Cite

Khaerulyansyah, F., Murtejo, T., & Alimuddin, A. (2018). KAJIAN DAMPAK LINGKUNGAN TERHADAP RENCANA KEGIATAN PEMBANGUNAN APARTEMEN, HOTEL, DAN AREA KOMERSIL OLYMPIC CITY BOGOR. Jurnal Komposit, 2(2), 87–92. https://doi.org/10.32832/komposit.v2i2.1555

Issue

Section

Articles