Studi Pengembangan Jalan Rigid Pavement, pada Ruas Jalan Arzimar, Kota Bogor

Authors

  • Teddy Budiawan Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhamad Lutfi Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rulhendri Rulhendri Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/komposit.v5i1.4754

Abstract

ABSTRAK

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan mobilitas keseharian. Kondisi Jalan Arzimar sekarang ini mengalami kerusakan di beberapa titik diantaranya kerusakan jalan yang berlubang akibat limpahan air dari saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik, keretakan jalan dan pengelupasan lapisan aspal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan gambaran kondisi eksisting kerusakan jalan dan tebal rencana perkerasan kaku yang sesuai dengan kondisi lalu lintas yang ada. Analisis perkerasan kaku jalan menggunakan standar Metode NAASRA (National Association of Australian State Road Authorities), serta perhitungan anggaran biaya menggunakan Harga Satuan Pekerjaan Kota Bogor tahun 2019. Berdasarkan hasil analisis diperoleh perkerasan kaku dengan tebal plat 20 cm, tulangan memanjang D12-250 mm dan tulangan melintang D16-710 mm. Dowel atau Ruji yang dipakai dengan diameter 25 mm, panjang 450 mm, dan jarak 300 mm. Tie bar dengan diameter 16 mm, panjang 600 mm dan jarak 250 mm. Biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan pelaksanaan peningkatan jalan beton ini adalah sebesar Rp 2.245.923.015,00.

Kata Kunci: perencanaan perkerasan, tebal perkerasan kaku, metode NAASRA 1979, data lalu lintas harian.

 

ABSTRACT

Roads are the most widely used land transportation infrastructure for people to carry out their daily mobility. The condition of Arzimar Road is currently experiencing damage at several points including potholes due to overflow of water from drainage channels that are not functioning properly, asphalt cracking, and peeling. This study aims to obtain a description of the existing road damage conditions and the thickness of the rigid pavement plan, following existing traffic conditions. Analysis of rigid pavement using the standard method of NAASRA road (National Association of Australian State Road Authorities), and budget estimation using work unit price. Based on the results obtained by analysis of rigid pavement with a plate thickness of 20 cm, D12-250 mm, and a longitudinal reinforcement transverse reinforcement D16-710 mm. The estimated cost for pavement at Arzimar road is Rp 2.245.923.015,00.  

Keywords: pavement planning, rigid pavement thickness, NAASRA 1979 method, daily traffic counting.

References

AASHTO. (1986). AASHTO Guides for Design of Pavement Structure. American Association of State Highway and Transportation Officials.

Ainun, H. (2013). Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Jalan Purwodadi-Kudus Ruas 198. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Awaludin, M.M. Lutfi, M., Rulhendri (2019). Studi Pengembangan Jalan Rigid Pavement, di Jalan Kumbang Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jurnal Komposit 3 (2), hal. 33 – 40.

Badan Standardisasi Nasional. (1989) SNI 03-1744-1989. Metode uji California Bearing Ratio Laboratotorium. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.

Badan Standardisasi Nasional. (2000). SNI 03-6388-2000. Spesifikasi agregat tanah lapis pondasi bawah, lapis pondasi dan lapis permukaan. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.

Bidang Kebinamargaan dan Pengairan. (2019). Analisa Harga Satuan Pekerjaan Engineers Estimate (EE). Bogor: Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air.

Departemen Pekerjaan Umum. (1987). Lapis Permukaan serta Bahan Berbutir. Jakarta.

Dinas Lalu-lintas Angkutan Jalan Kota Bogor. (2014). Pertumbuhan kendaraan per tahun. Bogor.

Hendarsin, S.L. (2000). Buku Penuntun Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung: Penerbit Politeknik Negeri Bandung.

Mudjanarko, S. W. (2009). Analisa Perbandingan Beberapa Metode Perkerasan Beton Semen untuk Jalan Akses Jembatan Suramadu. Jurnal Narotama. Surabaya: Universitas Narotama Surabaya.

NAASRA. (1979). Guide to Pavement Thickness Design. National Association of Australian State Road Authorities.

NAASRA. (1987). Pavement Design, A Guide to the Structural Design of Road Pavement. National Association of Australian State Road Authorities.

Burhan, P. (2013). Perencanaan Peningkatan Jalan Kresek-Jenggot Kabupaten Tangerang dengan Perkerasan Kaku. Skripsi. Jakarta: Universitas Mercubuana Jakarta.

Saodang, H. (2005). Perancangan Perkerasan Jalan Raya, Konstruksi Jalan Raya, Buku 2 Bandung: Penerbit Nova.

Kementerian PU (1988). SKBI: 2.3.28.1988. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan, Jakarta: Bina Marga.

Suryawan, A. (2009). Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement), Cetakan ke-2. Yogyakarta. Penerbit Beta Offset.

Wahyuni, S.G. (2010). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku dan Rencana Anggaran Biaya AASHTO 1993, Metode Bina Marga 2003 (Pd T-14-2003), dan Metode NAASRA 1979 (SKBI:2.3.28.1988). Skripsi. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Widagdo T.L. (2015). Analisis Tebal Perkerasan Kaku Jalan Tol Pejagan – Pemalang. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Published

2022-03-23

How to Cite

Budiawan, T., Lutfi, M., & Rulhendri, R. (2022). Studi Pengembangan Jalan Rigid Pavement, pada Ruas Jalan Arzimar, Kota Bogor. Jurnal Komposit, 5(1), 39–45. https://doi.org/10.32832/komposit.v5i1.4754

Issue

Section

Articles