Media Pembelajaran Interaktif Ipa Untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia

Berlina Wulandari, Fiqri Ardiansyah, Puspa Eosina, Hersanto Fajri

Sari


Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan untuk pembelajaran. Pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) adalah salah satu bidang studi yang mempelajari alam semesta, dalam kegiatan belajar guru sangat berperan penting dalam mengajar. Tuntunan proses pengajaran agar tidak monoton atau bersifat hafalan guna mendorong guru IPA untuk terus meningkatkan kreatifitas penggunaan media dalam pembelajaran IPA, sehingga menciptakan proses pembelajaran yang menarik, interaktif dan menyenangkan dalam mengikuti mata pelajaran tersebut. Dalam pembelajaran IPA terdapat materi belajar berupa fakta-fakta dan adapula konsep yang bersifat abstrak. Metodologi penelitian pembuatan aplikasi media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis multimedia ini menggunakan metodologi pengembangan multimedia Luther Sutopo yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Pengembangan media menggunakan pendekatan VISUALS yaitu Visible (mudah dilihat), Interesting (menarik), Simple (sederhana), Useful (isinya bermanfaat), Accurate (benar bisa dipertanggung jawabkan), Legitimate (masuk akal), dan Structured (tersusun dengan baik). Berdasarkan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran IPA dapat digunakan oleh pengajar pada sarana pembelajaran berbasis multimedia.


Kata Kunci


Metode Luther-Sutopo; Multimedia interaktif; Ilmu Pengetahuan Alam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Waskito, Danang., 2017, Media Pembelajaran Interaktif Matematika bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia. No.1, Vol 9,

https://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1296

Handayani, Murni. 2014. Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Fisika Materi Gas Ideal Menggunakan Metode Luther Sutupo. Bogor.

Hamalik, 2001, Kurikulum dan Pembelajaran, Bumi aksara, Jakarta.

Rahardi, 2003, Media Pembelajaran, Direktorat Tenaga Kependidikan, Jakarta.

Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press Jakarta. Jakarta

Suharjo. (2006). Mengenal pendidikan sekolah dasar: Teori dan praktek. Jakarta: Depdiknas

Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/kreatif.v7i1.2028

Article Metrics

Sari view : 55 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats