Aplikasi Pengenalan Wayang Dengan Side Scroller Game Berbasis Android

Kristus Andi Eko

Sari


Game, selain dikaitkan dengan teknologi dan seni, juga dapat dikaitkan dengan budaya yang hidup dalam masyarakat. Penikmat seni hanya dapat merasakan pertunjukkan ketika ada pertunjukkan langsung (live) dan berbiaya mahal. Disisi lain, pengenalan seni hanya, dalam hal ini wayang, hanya dilakukan dalam lingkungan terbatas. Agar pengenalan seni menjadi tidak terbatas yaitu dengan produk versi elektronik. Yaitu pemindahan versi tradisional ke layar komputer. Adapun inovasinya adalah dari versi 2D menjadi versi 3D untuk Pemain tunggal. Dan inovasi lainnya adalah dengan menggunakan koneksi jaringan untuk pemain banyak (multi user). Sehingga pemain tidak dibatasi dalam satu jaringan dalam satu kota, tetapi berbeda kota atau bahkan berbeda negara. Awal pembuatan dengan mengetahui kebutuhan sistem, maka dapat memberikan gambaran penyelesaian masalah. Analisis kebutuhan sistem meliputi kebutuhan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat, baik orang, sistem maupun berupa perangkat. Adapun pemangku kepentingan yang terlibat adalah pengguna (user), programer, perangkat lunak dan perangkat keras. Dihasilkan Aplikasi komputer Game Wayang Kulit yang bergenre side scroller game. Side scroller game yaitu salah satu genre game dimana pemain diharuskan bergerak searah di alur yang disediakan. Pemain diharuskan untuk berjalan, meloncat, serta menghindari rintangan-rintangan. Aplikasi ini dimainkan oleh multi user. Dengan semakin murahnya gadget maka membuka peluang kemudahan perolehan seni tradisional watang kulit ini, sehingga generasi milenial semakin mengenal seni tradisonal.


Kata Kunci


Game Wayang Kulit, RPG, Multi User, Artificial Intellligent, Generasi Minelial.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. I. P. Koesoemadinata, Wayang Kulit Cirebon: Warisan Diplomasi Seni Budaya Nusantara, J. Vis. Art Des., vol. 4, no. 2, hlm. 142154, Nov 2013.

T. I. Setyani, Ragam Wayang di Nusantara, dalam Sarasehan dan Pergelaran Wayang Pakeliran Padat dengan Lakon Anoman Duta, Berlin, Jerman.

W. Agustina Dwi, GAME EDUKATIF SEJARAH KOMPUTER MENGGUNAKAN ROLE PLAYING GAME (RPG) MAKER XP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 KALIBAWANG, skripsi, UNY, 2012.

D. Novaliendry, Aplikasi game geografi berbasis multimedia interaktif (studi kasus siswa kelas IX SMPN 1 RAO), J. Teknol. Inf. Dan Pendidik., vol. 6, no. 2, 2013.

Y. Yudistira, MOBILE GAME EDUKASI ARITMATIKA DAN GEOMETRI, Telematika, vol. 7, no. 2, 2014.

S. HARIADI, Pentingnya Skenario Game (Importance of Scenario Game), KOMPASIANA, 2015. [Daring]. Tersedia pada:

https://www.kompasiana.com/selamethariadi/550037faa33311fb6f5102ee/pentingnya-skenario-game-importance-of-scenario-game. [Diakses: 18-Apr-2019].




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/kreatif.v7i1.2045

Article Metrics

Sari view : 94 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats