Aplikasi Android Sebaran Lokasi UMKM di Kota Bogor Dengan Formula Haversine

Penulis

  • Safaruddin Hidayat Al Ikhsan Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Fety Fatimah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Riyan Saputra Irawan Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/kreatif.v7i2.2654

Kata Kunci:

Usaha Mikro, UMKM, Android, LBS, Haversine

Abstrak

Saat ini banyak bermunculan beragam usaha mikro di berbagai wilayah di Indonesia, tidak terkecuali di Kota Bogor. Pada umumnya, usaha mikro ini berlokasi di lingkungan padat penduduk atau industri rumahan, sehingga keberadaan lokasi usaha mikro tersebut menjadi kurang diketahui masyarakat luas. Oleh karena itu, diperlukan suatu media yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengetahui jasa apa saja yang ada di sekitarnya sesuai kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Metode Location Based Services (LBS) dan Formula Haversine dalam pembuatan aplikasi sebaran lokasi jasa UMKM berbasis Android. Metode LBS digunakan untuk menentukan lokasi pengguna aplikasi dengan memanfaatkan teknologi GPS pada smartphone, sedangkan Formula Haversine digunakan untuk mengukur jarak pengguna aplikasi terhadap lokasi suatu jasa. Tahapan yang dilaksanakan pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data baik, analisis yang meliputi, perancangan, pembuatan program aplikasi, dan pengujian terhadap operasionalitas aplikasi yang dilakukan dengan Metode Black Box. Data yang digunakan pada penelitian ini didapatkan dari hasil observasi terhadap beberapa sampel jasa UMKM yang ada di Kota Bogor. Hasil dari penelitian ini sebuah aplikasi sebaran lokasi jasa UMKM di Kota Bogor berbasis Android yang dapat dipergunakan oleh masyarakat sebagai pengguna aplikasi untuk melihat sebaran lokasi jasa di sekitarnya di Kota Bogor.

Biografi Penulis

Safaruddin Hidayat Al Ikhsan, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Kepala Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak, Program Studi Teknik Informatika

Referensi

I. Bank, Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta, 2015.

S. H. Al-Ikhsan, P. Eosina, and I. S. Pratama, "APLIKASI MONITORING JALAN RUSAK KOTA BOGOR BERBASIS ANDROID MENGUNAKAN GEOTAGGING (STUDI KASUS: DINAS BINAMARGA KOTA BOGOR),” KREA-TIF, vol. 3, no. 2, p. 51, Nov. 2015.

I. Faundra, R. Kridalukmana, and I. Pertiwi, "Aplikasi Pencari Lokasi Ukm Di Tembalang Menggunakan Location Based Service,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 4, p. 518, Nov. 2016.

S. Dharwiyanti and R. S. Wahono, "Pengantar Unified Modeling Language (UML),” Ilmu Komputer, pp. 1–13, 2003.

A. Satyaputra, E. M. Aritonang, and S. Kom, Lets Build Your Android Apps with Android Studio. Elex Media Komputindo, 2016.

Y. Yulianto, R. Ramadiani, and A. harsa kridalaksana, "Penerapan Formula Haversine Pada Sistem Informasi Geografis Pencarian Jarak Terdekat Lokasi Lapangan Futsal,” Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 13, p. 14, Feb. 2018.

S. Nidhra, "Black Box and White Box Testing Techniques - A Literature Review,” International Journal of Embedded Systems and Applications, vol. 2, pp. 29–50, Jun. 2012.

Unduhan

Diterbitkan

2019-11-30

Cara Mengutip

Ikhsan, S. H. A., Fatimah, F., & Irawan, R. S. (2019). Aplikasi Android Sebaran Lokasi UMKM di Kota Bogor Dengan Formula Haversine. Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika, 7(2), 88–102. https://doi.org/10.32832/kreatif.v7i2.2654

Terbitan

Bagian

Articles