Formulasi Strategi Peningkatan Penjualan Cargo Service Center PT Citilink Indonesia di Jakarta

Authors

  • Rini Setiawati Universitas Bina Nusantara, Jakarta
  • Peppy Fachrial
  • Ria Widia

DOI:

https://doi.org/10.32832/jm-uika.v11i1.2925

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor internal, eksternal dan formulasi strategi dalam meningkatkan penjualan pada komoditi General Cargo perusahaan. PT Citilink Indonesia membuat konsep baru bernama Cargo Service Center (CSC) yaitu channel penjualan kargo reguler yang berkonsep counter yang compatible dan accessible. Dengan menggunakan metode analisis SWOT diperoleh hasil, perusahaan berada di posisi ke-1 sebelum Lion Air dan Air Asia (matriks CPM) dan  Matriks IE menunjukan posisi perusahaan di sel V yaitu hold and maintain (menjaga dan mempertahankan) atau stabilisasi, dengan total skor faktor strategi internal (2,45) serta total strategi eksternal (2,78), posisi perusahaan digambarkan pada kuadran II. Hasil analisis matrik IE, SWOT 4-K dan BCG terdapat dua Strategi Alternatif, yaitu : Penetrasi Pasar (Market Penetration) dan Pengembangan Produk (Product Development). Dalam Matriks QSPM dengan menggunakan strategi Pengembangan Produk (Product Development), strategi melakukan penambahan jenis komoditi mendapat nilai total daya tarik sebesar (5,66) sebagai prioritas I diikuti dengan strategi melakukan penambahan kapasitas freighter dengan total nilai daya tarik sebesar (5,42) sebagai prioritas II.

References

Amin, S. H., Yan, N., & Morris, D. (2018). Analysis of Transportation Modes by Evaluating SWOT Factors and Pairwise Comparisons: A Case Study. Multi-Criteria Methods and Technique Applied to Supply Chain Management, 57-74. doi:http://dx.doi.org/10.5772/intechopen.72882

David, F. R. (2016). Manajemen Strategik : Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing (15th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Maulana, G. (2018). Pengiriman Ekspor Udara Pada PT.Logwin Air and Ocean Indonesia Tahun 2018 – 2020 Jakarta Pengiriman Ekspor Udara Pada PT.Logwin Air and Ocean Indonesia Tahun 2018 – 2020 Jakarta. Institut

Transportasi dan Logistik Trisakti.

Munazat, M.A. (2017). Perumusan Strategi Bisnis Cargo Service Center Garuda Indonesia di Jakarta. Institut Transportasi dan Logistik Trisakti.

Muhammad, S. (2017). Manajemen Strategik : Konsep dan Alat Analisis (6th ed.). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis, Analisis SWOT. Jakarta: Kompas Gramedia.

Rizaldy, W., & Rifni, M. (2017). Manajemen Dasar Penanganan Kargo (Udara dari (Amin, Yan, & Morris, 2018)/ ke Laut Via Darat). Jakarta: In Media.

Rufaidah, P. (2013). Manajemen Strategik (Revisi). Bandung: PT Humaniora Utama Press.

Sihombing, S., & Muljadi, A.J (2014).Pengantar Manajemen (Revisi). Jakarta: Mitra Wacana Media

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B. (2018). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Taufik, M. I., & Suprajang, S. E. (2015). Analisis Threats, Oppurtunity, Weakness, Strengths (TOWS) Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada PR.Semanggimas Agung Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Manajemen Strategi, 2(2), 147–168.

Downloads

Published

01-06-2020

How to Cite

Setiawati, R., Fachrial, P., & Widia, R. (2020). Formulasi Strategi Peningkatan Penjualan Cargo Service Center PT Citilink Indonesia di Jakarta. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 11(1), 35–44. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v11i1.2925