Sistem Akuntansi Lingkungan Pada Industri Perkebunan Sawit di Kalimantan Tengah

Authors

  • Alexander Candra
  • M. Imam Sundarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/neraca.v13i1.2012

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana proses alur proses akuntansi
lingkungan pada sebuah Perusahaan Industri Perkebunan Sawit dalam rangka untuk mengatasi kerusakan Lingkungan. Pengelompok biaya atau aktiva sebuah organisasi perusahaan Industri Perkebunan Sawit.
Metodologi Penelitian; Penelitian ini mempergunakan metodologi penelitian kualitatif deskritif yang menguraikan alur fakta sebuah pekerjaan. Dimulai proses pencatatan sampai dengan Laporan Keuangan. Data dipergunakan adalah data primar berdasarkan obasevasi langsung proses pencatatan akuntansi lingkungan. Data sekunder adalah data-data pihak lainnya berkaitan langsung dengan penelitian ini.  Menemukan sebuah alur proses pencatatan akuntansi lingkungan pada perusahaan Industri, sebagaimana digambarkan sebuah alur implementasi. Umunnya dipergunakan pada Perusahaan Industri Perkebunan Sawit Lainnya.  Kekurangan Penelitian ini, Dimana penelitian hanya berada satu lokasi dan wilayah perusahaan Industri Lingkungan Perusahan Sawit, sehingga tidak merupakan pedoman sistem
akuntansi lingkungan. Diharapkan penelitian lainnya dapat menambah pada Industri Perkebunan lainnya terletak lokasi berbeda.
Keaslian didalam penelitian ini, diharapakan akan menghasilkan dampak sebuah alur pencatatan akuntansi lingkungan. Merupakan sebuah contoh bahwa perusahaan Industri Perkebunan sawit sangat perhatikan kerusakan lingkungan.

Downloads

Published

2018-03-01

How to Cite

Candra, A., & Sundarta, M. I. (2018). Sistem Akuntansi Lingkungan Pada Industri Perkebunan Sawit di Kalimantan Tengah. Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 13(1). https://doi.org/10.32832/neraca.v13i1.2012

Issue

Section

Articles