PERANAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENERIMAAN KAS PADA (PT. SINAR SOSRO KANTOR PENJUALAN BOGOR)

Authors

  • Vini Virgini Agustiani
  • Indupurnahayu Indupurnahayu
  • Hurriyaturrohman Hurriyaturrohman

DOI:

https://doi.org/10.32832/neraca.v14i1.2312

Abstract

Sistem pengendalian internal merupakan hal yang sangat penting bagi pimpinan perusahaan dalam rangka memantau kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan dan memberikan keyakinan kepadanya bahwa tujuan perusahaan akan dapat dicapai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskripsi serta metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif, dikatakan kualitatif  karena terdapat  data yang tidak dapat dinominalkan dengan menggunakan angka-angka, melainkan disajikan berupa keterangan, penjelasan, dan pembahasan teori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PT.Sinar Sosro Kantor Penjualan Bogor telah menerapkan sistem pengendalian internal atas penjualan dan penerimaan kas yang baik dan memadai dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan. Hal ini dapat terlihat dari pengendalian internal yang terdiri dari beberapa komponen pengendalian yang didukung dengan adanya pemisah fungsi dan wewenang yang jelas, serta dokumen-dokumen yang memadai dalam prosedur penerimaan kas dari penjualan tunai.

Kata Kunci : Sistem Pengendalian Internal, Penjualan, dan Penerimaan Kas

Downloads

Published

2019-02-01

How to Cite

Agustiani, V. V., Indupurnahayu, I., & Hurriyaturrohman, H. (2019). PERANAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENERIMAAN KAS PADA (PT. SINAR SOSRO KANTOR PENJUALAN BOGOR). Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 14(1). https://doi.org/10.32832/neraca.v14i1.2312

Issue

Section

Articles