Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Menilai Keberhasilan Dalam Mengelola Modal Kerja Pada PT. Catur Sentosa Adiprana Tbk

Authors

  • Sri Rahayu Lestiari
  • Yudiana Yudiana
  • Hurriyaturrohman Hurriyaturrohman

DOI:

https://doi.org/10.32832/neraca.v14i2.2340

Abstract

Pengelolaan modal kerja yang baik adalah salah satu kunci sukses dalam sebuah usaha untuk terus beraktivitas dalam memproduksi barang maupun jasa. Dengan kondisi modal kerja yang cukup, perusahaan beroperasi sesuai dengan kelayakan finansial menurut aktivitas yang ada serta perusahaan tidak mengalami kesulitan keuangan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi keuangan yang dilihat dari analisis laporan keuangan dan untuk mengetahui kondisi keberhasilan pengelolaan modal kerja pada PT. Catur Sentosa Adiprana Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan perhitungan analisis rasio keuangan dan metode Altman Z-Score.

            Berdasarkan hasil penelitian yang diketahui dari rasio profitabilitas, dapat dikatakan cukup baik karena  perusahaan masih mampu mengelola laba yang diperoleh. Berdasarkan hasil perhitungan rasio likuiditas menunjukkan bahwa perusahaan masih mempunyai dana yang cukup untuk membayar kewajiban jangka pendeknya dengan menggunakan aktiva lancar walaupun hasil perhitungan yang diperoleh berfluktuatif. Jika dilihat dari perhitungan rasio aktivitas kondisi perusahaan pada tahun 2015 sampai tahun 2016 tidak efektif karena terjadi penurunan rasio. Berdasarkan analisis metode Z-Score pada tahun 2013-2017 menunjukkan perusahaan berada pada daerah abu-abu yang memungkinkan perusahaan masih bisa meningkatkan kembali kondisi keuangannya. Namun pada tahun 2015 perusahaan mengalami penurunan yang sangat signifikan dan berada pada kondisi bangkrut. Sehingga, perusahaan dalam mengelola modal kerjanya masih belum efektif.

Kata kunci : Modal Kerja, Laporan Keuangan, Rasio Keuangan

Downloads

Published

2019-07-01

How to Cite

Lestiari, S. R., Yudiana, Y., & Hurriyaturrohman, H. (2019). Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Menilai Keberhasilan Dalam Mengelola Modal Kerja Pada PT. Catur Sentosa Adiprana Tbk. Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 14(2). https://doi.org/10.32832/neraca.v14i2.2340

Issue

Section

Articles