KESADARAN PENERAPAN PRINSIP BUSINESS ENTITY: STUDI PADA STARTUP DI YOGYAKARTA

Authors

  • Siti Afidatul Khotijah Universitas Tidar
  • Retnosari , Universitas Tidar
  • Risma Wira Bharata Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.32832/neraca.v15i2.3499

Abstract

Startup menjadi bisnis yang muncul di era modern sekarang ini dan cenderung dimanfaatkan dengan media online. Sebagian besar pelaku usaha startup adalah dari kalangan muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesadaran pelaku usaha terutama start up yang biasanya dijalankan oleh generasi muda, dalam penerapan konsep business entity. Pendekatan kualitatif digunakan di dalam penelitain ini, dengan desain studi kasus untuk mengetahui kesadaran start-up dalam menerapkan business entity. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam pada pelaku startup. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku startup sudah memiliki kesadaran pentingnya menerapkan konsep business entity namun belum bisa diterapkan pada KEVAmedia karena kendala sumber daya manusia yang masih terbatas, sehingga pembagian tugas belum bisa dilaksanakan. Keberadaan investor juga menjadi salah satu alasan startup untuk menyusun laporan keuangan sesuai kaidah akuntansi dan menerapkan konsep-konsep dalam akuntansi.

Kata kunci : Startup; Bisnis Entity; Pembukuan.

References

Christian Hampel, M. P. (2020). Beyond The Lean Start-Up: Experimentation In Corporate Corporate Entrepreneurship And Innovation. Innovation, 1-11.

Davila, A., Foster, G., He, X., & Shimizu, C. (2015). The Rise and Fall of Startups: Creation and Destruction of Revenue and Jobs by Young Companies. Australian Journal of Management, 6-35.

Franklin, E. H. (2016). A Rational Approach to Business Entity Choice. Scholarly Works, 572-662.

Ginintasasi, R. (2013). Kesadaran Sigmund Freud. Diambil kembali dari File UPI EDU: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032-RAHAYU_GININTASASI/Kesadaran_Sigmund_Freud_%5BCompatibility_Mode%5D.pdf

Ginintasasi, R. (t.thn.). Kesadaran. Diambil kembali dari File EDU UPI: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032-RAHAYU_GININTASASI/Kesadaran_Carl_Jung_%5BCompatibility_Mode%5D.pdf

Gloor, P. A., Dorsaz, P., & Fuehres, H. (2011). Analyzing Success of Startup Entrepreneurs by Measuring their Social Network Distance to a Business Networking Hub. Semantic Schoolar.

Isgiyarta, J. (2009). Perumusan Konsep Entitas Akuntansi Islam. JAAI VOLUME 13 NO. 1, 77–86.

Jaya, M. A., Ferdiana, R., & Fauziati, S. (2017). Analisis Faktor Keberhasilan Startup Digital di Yogyakarta. Pros iding SNATI F Ke-4 Tahun 2017, 167-173.

KEVA media. (2019). About KEVA. Diambil kembali dari Kevamedia: kevakit.com/about

Kim, B., Kim, H., & Jeon, Y. (2018). Critical Success Factors of a Design Startup Business. Sustainability, 1-15.

Mahani, S. A. (2015). Tinjauan Model Inkubator Bisnis Rintisan (Bisnis Startup) di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa, 76-95.

Matheson, J. H. (2002). Choice of Organizational Form for the Start-Up Business. Minnesota Journal of Business Law and Entrepreneurship, 7-20.

Nugraha, A. E., & Wahyuhastuti, N. (2017). Startup Digital. Jurnal Nusamba Vol 2 No 1.

Oesman, A. W. (2010). Konsep Entitas dalam Pencatatan Akuntansi Kredit Program pada Koperasi dan Lembaga Keuangan Mikro. JURNAL EKSIS Vol.6 No.1,, 1100 – 1266 .

Perdani, M. D., Widyawan, & Santoso, P. I. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Sratup di Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 337-349.

Rahardjo, B. (t.th). Starting Up. http://budi.rahardjo.id/files/start-up.pdf.

Ryandono, M. N. (2018). FinTech Waqaf: Solusi Permodalan Perusahaan Startup Wirausaha Muda. Jurnal Studi Pemuda, 111-121.

Ryandono, M. N. (2018). FinTech Waqaf: Solusi Permodalan Perusahaan Startup Wirausaha Muda. Jurnal Studi Pemuda, 111-121.

Sheung, C. T. (2014). The New Strategies and e-Business Ethics that Leads Organizations to Success. Journal of Management and Business Research.

Sinaga, M. (1994). Teori Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Suwarno, D. J., & Silvianita, A. (2017). Knowledge Sharing Dan Inovasi Pada Industri Startup. Jurnal Ecodemica, 98-106.

Wijanarko, Y. (2019, 03 18). Jumlah Starup di Indonesia Ratusan atau Ribuan? Diambil kembali dari Kominfo: kominfo.go.id/content/detail/17233/jumlah-startup-di-indonesia-ratusan-atau-ribuan/0/sorotan_media

Yanuarti, I., & Dewi, H. (2018). Startup Bisnis sebagai Alternatif Investasi: Studi Kasus pada PT. Fiture Teknologi Informasi. ULTIMA Management, 81-96.

Zajko, M. (2017). Challenges of Scaling-up Process for Start-ups. International Conference on Engineering and Business Education.

Christian Hampel, M. P. (2020). Beyond The Lean Start-Up: Experimentation In Corporate Corporate Entrepreneurship And Innovation. Innovation, 1-11.

Davila, A., Foster, G., He, X., & Shimizu, C. (2015). The Rise and Fall of Startups: Creation and Destruction of Revenue and Jobs by Young Companies. Australian Journal of Management, 6-35.

Franklin, E. H. (2016). A Rational Approach to Business Entity Choice. Scholarly Works, 572-662.

Ginintasasi, R. (2013). Kesadaran Sigmund Freud. Diambil kembali dari File UPI EDU: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032-RAHAYU_GININTASASI/Kesadaran_Sigmund_Freud_%5BCompatibility_Mode%5D.pdf

Ginintasasi, R. (t.thn.). Kesadaran. Diambil kembali dari File EDU UPI: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032-RAHAYU_GININTASASI/Kesadaran_Carl_Jung_%5BCompatibility_Mode%5D.pdf

Gloor, P. A., Dorsaz, P., & Fuehres, H. (2011). Analyzing Success of Startup Entrepreneurs by Measuring their Social Network Distance to a Business Networking Hub. Semantic Schoolar.

Isgiyarta, J. (2009). Perumusan Konsep Entitas Akuntansi Islam. JAAI VOLUME 13 NO. 1, 77–86.

Jaya, M. A., Ferdiana, R., & Fauziati, S. (2017). Analisis Faktor Keberhasilan Startup Digital di Yogyakarta. Pros iding SNATI F Ke-4 Tahun 2017, 167-173.

KEVA media. (2019). About KEVA. Diambil kembali dari Kevamedia: kevakit.com/about

Kim, B., Kim, H., & Jeon, Y. (2018). Critical Success Factors of a Design Startup Business. Sustainability, 1-15.

Mahani, S. A. (2015). Tinjauan Model Inkubator Bisnis Rintisan (Bisnis Startup) di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa, 76-95.

Matheson, J. H. (2002). Choice of Organizational Form for the Start-Up Business. Minnesota Journal of Business Law and Entrepreneurship, 7-20.

Nugraha, A. E., & Wahyuhastuti, N. (2017). Startup Digital. Jurnal Nusamba Vol 2 No 1.

Oesman, A. W. (2010). Konsep Entitas dalam Pencatatan Akuntansi Kredit Program pada Koperasi dan Lembaga Keuangan Mikro. JURNAL EKSIS Vol.6 No.1,, 1100 – 1266 .

Perdani, M. D., Widyawan, & Santoso, P. I. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Sratup di Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 337-349.

Rahardjo, B. (t.th). Starting Up. http://budi.rahardjo.id/files/start-up.pdf.

Ryandono, M. N. (2018). FinTech Waqaf: Solusi Permodalan Perusahaan Startup Wirausaha Muda. Jurnal Studi Pemuda, 111-121.

Ryandono, M. N. (2018). FinTech Waqaf: Solusi Permodalan Perusahaan Startup Wirausaha Muda. Jurnal Studi Pemuda, 111-121.

Sheung, C. T. (2014). The New Strategies and e-Business Ethics that Leads Organizations to Success. Journal of Management and Business Research.

Sinaga, M. (1994). Teori Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Suwarno, D. J., & Silvianita, A. (2017). Knowledge Sharing Dan Inovasi Pada Industri Startup. Jurnal Ecodemica, 98-106.

Wijanarko, Y. (2019, 03 18). Jumlah Starup di Indonesia Ratusan atau Ribuan? Diambil kembali dari Kominfo: kominfo.go.id/content/detail/17233/jumlah-startup-di-indonesia-ratusan-atau-ribuan/0/sorotan_media

Yanuarti, I., & Dewi, H. (2018). Startup Bisnis sebagai Alternatif Investasi: Studi Kasus pada PT. Fiture Teknologi Informasi. ULTIMA Management, 81-96.

Zajko, M. (2017). Challenges of Scaling-up Process for Start-ups. International Conference on Engineering and Business Education.

Downloads

Published

2020-12-09

How to Cite

Khotijah, S. A., , R., & Bharata, R. W. (2020). KESADARAN PENERAPAN PRINSIP BUSINESS ENTITY: STUDI PADA STARTUP DI YOGYAKARTA. Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 15(2), 42–56. https://doi.org/10.32832/neraca.v15i2.3499

Issue

Section

Articles