ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DESA (STUDI KASUS PADA DESA CIBITUNG WETAN)

Authors

  • Hurriyaturrohman Hurriyaturrohman Universitas Ibn Khaldun
  • Indupurnahayu Indupurnahayu Universitas Ibn Khaldun
  • Pindi Septianingsih Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/neraca.v16i1.4589

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan Dana Desa yang dilakukan oleh pihak pemerintah Desa Cibitung Wetan sesuai dengan prosedur yang ada dan memiliki pengaruh terhadap pembangunan daerah. Serta untuk mengetahui keterbatasan yang mempengaruhi pengelolaan Dana Desa dalam meningkatkan pembangunan di Desa Cibitung Wetan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang berasal dari wawancara dan observasi pada Desa Cibitung Wetan. Selanjutnya hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dimana menggambarkan bagaimana pengelolaan dana desa dalam meningkatkan pembangunan desa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Dana Desa dalam meningkatkan pembangunan Di Desa Cibitung Wetan pada tahap pelaporan termasuk dalam kategori sudah efektif sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan dan direncanakan dalam. Pada pelaporan, penerapan penyajian laporan realisasi anggaran di Desa Cibitung Wetan secara keseluruhan sudah sesuai dengan PSAP No. 02, dan telah menyajikan unsur-unsur laporan realisasi anggaran.


Kata kunci : Pengelolaan; Dana Desa; Pembangunan

References

Indrawati, S. M. (2017). Buku Pintar Dana Desa. Jakarta: Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2007 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017).Metode Penelitian Untuk Bisnis. Dalam Metodepenelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Boedijono, B., Wicaksono, G., Puspita, Y., Bidhari, S. C., Kusumaningrum, N. D.,& Asmandani, V. (2019).

Efektifitas Pengelolaan Dana Desa Untuk Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 9-20.

Ruru, N., Kalangi, L., & Budiarso, N. S. (2017). Analisis Penerapan Alokasi Dana Desa (ADD) Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Desa (Studi Kasus Pada Desa Suwaan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara). GOING CONCERN: JURNAL RISET AKUNTANSI, 12(01).

Letik, A. (2019). Pengelolaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Fatukoto Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (Management Of Village Funds In Increasing Society Welfare In Fatukoto Village, North Mo. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 9(1), 31-52.

Yuniarti, A., & Anim, R. (2019). Analisis Penerapan PSAP Nomor 02 Tentang Laporan Realisasi Anggaran Berbasis Kas Berdasarkan Pp Nomor 71 Tahun 2010 Di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Klaten (Doctoral Dissertation, Iain Surakarta).

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Hurriyaturrohman, H., Indupurnahayu, I., & Septianingsih, P. (2021). ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DESA (STUDI KASUS PADA DESA CIBITUNG WETAN). Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 16(1), 12–18. https://doi.org/10.32832/neraca.v16i1.4589

Issue

Section

Articles