ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT

Authors

  • Azolla Degita Azis Universitas Ibn Khaldun
  • Muhammad Imam Sundarta Universitas Ibn Khaldun
  • Amanda Amalia Imvie Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/neraca.v16i1.4594

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kompetensi dan independensi auditor dapat mempengaruhi kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode PLS (Partial Least Square). Data yang digunakan berupa data primer yang berasal dari kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa auditor perlu meningkatkan pengetahuan dan independensinya untuk meningkatkan kualitas audit. Hasil penelitian ini dapat menjadi literatur tambahan di bidang akuntansi dan audit keuangan, serta bagi para praktisi di Indonesia bahwa kompetensi dan independensi auditor dapat meningkatkan kualitas audit, sehingga dapat menimbulkan persepsi kualitas audit dari investor. Salah satu implikasi dari penelitian ini adalah bahwa hubungan auditor-klien (auditor tenure) dapat meningkatkan kualitas audit. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan sampel penelitian yang lebih banyak dan objek penelitian yang berbeda sehingga diharapkan menghasilkan kesimpulan penelitian yang bervariasi yang dapat dijadikan pertimbangan bagi para regulator.


Kata Kunci: Independensi Auditor; Kompetensi Auditor; Kualitas Audit

References

Abdul mohammadi, M., & Wright, A. (1987). An Examination of the effect of Experience and Task Comlexity on Audit Judgement. The Accounting Review , 1-3.

Bricker, R. (2002). Transparency, Independence, Technology, and the CPA Scope of Services: New Challenges to the Profession. The Ohio CPA Journal, 48-50.

DeAngelo, L. (December 1981). Auditor Size and Audit Quality. Journal of Accounting and Economics, 183-199.

Dewa A., & Budhiarta, I. K. (2015). Pengaruh Kompetensi dan Independensi auditor pada Kualitas Audit Dimoderasi Oleh tekanan Klien. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.11.1, 197-210.

Ghosh, A. & Moon, D. (2005). Auditor Tenure and Perceptions of Audit Quality. The Accounting Review, 80,2, 585-612.

Harhinto, T. (2004). Pengaruh Keahlian dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Studi Empiris Pada KAP di Jawa Timur. Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Kusharyanti. (2003). Temuan penelitian mengenai kualitas audit dan kemungkinan topik penelitian di masa datang. Jurnal Akuntansi dan Manajemen , 25-60.

Myers, J. N., Myers, L.A., & Omer, T. C. (2003) Exploring the Term of the Auditor-Client Relationship and the Quality of Earnings: A Case for Mandatory Auditor Rotation?. The Accounting Review, 78, 779-800.

Prahayuningtyas, D.R., & Sudarma, M. (2015). Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada KAP di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahaiswa FEB Universitas Brawijaya (JIMFEB), 3, 2.

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Azis, A. D., Sundarta, M. I., & Imvie, A. A. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT. Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 16(1), 31–39. https://doi.org/10.32832/neraca.v16i1.4594

Issue

Section

Articles