Penerimaan dan Intensi Penggunaan E-Learning Mahasiswa Akuntansi pada Kondisi Sumber Daya Terbatas

Authors

  • Ismanto Ismanto
  • Arnadi Chairunnas

DOI:

https://doi.org/10.32832/neraca.v16i2.5493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penerimaan dan intensi perilaku penggunaan E-Learning mahasiswa akuntansi yang berada di daerah yang memiliki keterbatasan sumber daya seperti pada konteks penggunaan E-Learning di Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengaplikasikan studi eksplanatori. Rancangan penelitian menggunakan model penelitian Structural Equation Modelling (SEM) melalui pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan memanfaatkan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Variabel penerimaan teknologi dan intensi penggunaan teknologi diukur dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) (Davis, 1989) dimana terdapat 4 variabel yang akan diukur yaitu persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap terhadap penggunaan, dan variabel intensi perilaku untuk menggunakan. Masing-masing variabel diukur dengan 3 indikator. Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap terhadap sikap terhadap penggunaan dan intensi perilaku penggunaan E-Learning. Selain itu sikap untuk menggunakan juga berpengaruh terhadap intensi perilaku penggunaan E-Leaning. Sebaliknya persepsi kemudahan penggunaan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sikap terhadap penggunaan dan intensi perilaku penggunaan E-Learning.

Kata kunci : TAM; Sumber daya terbatas ; E-Learning; Akuntansi

References

Rhema. 2013. An analysis of experiences and perceptions of technology-based learning in higher education institutions in Libya: Informing the advancement of e-earning. Ph.D. dissertation, Victoria Univ Melbourne, VIC, Australia.

Davis, F. D. (1989). Technology Acceptance Model: TAM. Al-Suqri, MN, Al-Aufi, AS: Information Seeking Behavior and Technology Adoption, S, 205-219.

Abazi-Bexheti, L., Kadriu, A., Apostolova-Trpkovska, M., Jajaga, E., & Abazi-Alili, H. 2018. LMS solution: Evidence of Google Classroom usage in higher education. Business Systems Research: International journal of the Society for Advancing Innovation and Research in Economy, 9(1), 31-43..

Altun, A., Gulbahar, Y., & Madran, O. 2008. Use of a Content Management System for Blended Learning: Perceptions of Pre-Service Teachers. Turkish Online Journal of Distance Education, 9(4), 138-153.

Harnengsih, S. (2018). Peranan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Teknologi Dalam Menyediakan Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Manajemen Pada. PT. Astra Otoparts Tbk. Divisi Winteq. Neraca Keuangan: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 13(2).

Humanante, P.R.; Garcia, F.J.; Conde, M.A. 2015. Personal Learning Environments and Online Classrooms: An Experience With University Students. IEEE Rev.Iberoam. De Tecnol. Del Aprendiz. 10, 26–32.

J. Rissa. (2014). An empirical study on the E-Learning acceptance among the Finnish labor. Aalto Univ., Helsinki, Finland, Tech. Rep. 1-68, 2014.

Juárez Santiago, B., Olivares Ramí­rez, J. M., Rodrí­guez-Reséndiz, J., Dector, A., Garcí­a Garcí­a, R., González-Durán, J. E. E., & Ferriol Sánchez, F. 2020. Learning Management System-Based Evaluation to Determine Academic Efficiency Performance. Sustainability, 12(10), 4256.

K. S. T. Krishnan and H. Hussin. 2017. E-Learning readiness on Bumiputera SME's intention for adoption of online entrepreneurship training in Malaysia. Management, vol. 7, no. 1, pp. 35–39.

Lonn, S., & Teasley, S. D. 2009. Saving time or innovating practice: Investigating perceptions and uses of Learning Management Systems. Computers & education, 53(3), 686-694.

Magalhí£es, P.; Ferreira, D.; Cunha, J.; Rosário, P. 2020. Online vs traditional homework: A systematic review on the benefits to students' performance. Comput. Educ. 152, 103869.

Raza, S. A., Qazi, W., Khan, K. A., & Salam, J. 2020. Social Isolation and Acceptance of the Learning Management System (LMS) in the time of COVID-19 Pandemic: An Expansion of the UTAUT Model. Journal of Educational Computing Research, 0735633120960421.

Rodzi, N. M., Kumar, J. A., Osman, S., & Masykuri, E. S. 2020. Exploring Lecturers' Acceptanceof Learning Management Systems in Malaysian Higher Educational Institution.

Salloum, S. A., Alhamad, A. Q. M., Al-Emran, M., Monem, A. A., & Shaalan, K. 2019. Exploring students' acceptance of E-Learning through the development of a comprehensive technology acceptance model. IEEE Access, 7, 128445-128462.

Suroso, J. S., Retnowardhani, A., & Fernando, A. 2017. Evaluation of knowledge management system using technology acceptance model. In 2017 4th International Conference on Electrical Engineering, Computer Science and Informatics (EECSI) (pp. 1-5). IEEE.

Twyman, J. S., & Heward, W. L. 2018. How to improve student learning in every classroom now. International Journal of Educational Research, 87, 78-90.

Nurhayati & Zuhra Fatma. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa FKIP Matematika Universitas Almuslim Terhadap Pemanfaatan E-Learning Di Era Pandemi Covid 19. Universitas Almuslim. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi Volume 4, No. 2 Desember 2020, pp. 83-90. E-ISSN 2656-0852.

Saman. (2021). Persepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid 19. Universitas Muhamadiyah Palopo. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan Volume 3, Nomor 1, Februari 2021; 70- 82

Hanafi, H. (2013). Pengaruh persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahanwebsite ub terhadap sikap penggunadengan pendekatan tam (survei pada anggota website www. ub. ac. id mahasiswa fia bisnis dan publik ta 2011-2012 universitas brawijaya malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1).

Titisari, K. H., & Wijayanti, A. (2016). Model Pembelajaran Praktikum Akuntansi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 21(2), 194-207.

Ghozali, I. (2008). Structural equation modeling: Metode alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Saunders, M., Lewis, P. H. I. L. I. P., & Thornhill, A. D. R. I. A. N. (2007). Research Methods. Business Students 4th Edition Pearson Education Limited, England

Downloads

Published

2021-09-23

How to Cite

Ismanto, I., & Chairunnas, A. (2021). Penerimaan dan Intensi Penggunaan E-Learning Mahasiswa Akuntansi pada Kondisi Sumber Daya Terbatas. Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 16(2), 57–70. https://doi.org/10.32832/neraca.v16i2.5493

Issue

Section

Articles