Analisis Sumber dan Penggunaan Modal Kerja Terhadap Likuiditas Pada PT. Bank OCBC NISP, Tbk

Authors

  • M Zakie Hanifan
  • Berliane Rangga Bunga

DOI:

https://doi.org/10.32832/neraca.v8i1.863

Abstract

Salah satu analisis laporan keuangan adalah analisis laporan sumber dan penggunaan modal kerja yaitu suatu analisis tentang dari mana sumber-sumber dan penggunaan modal kerja dalam suatu perusahaan. Agar dapat menilai posisi keuangan suatu perusahaan dalam menyelesaikan kewajiban-kewajibannya, maka perlu digunakan alat analisis yang dinamakan rasio likuiditas, yaitu current ratio yang mengukur kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan kewajiban jangka pendeknya, cash ratio untuk melihat porsi kas untuk menutupi kewajibannya, sedangkan quick ratio untuk melihat kemampuan perusahaan aktiva lancar yang paling likuid mampu menutupi hutangnya.
Dalam penelitian ini, proksi sumber dan penggunaan modal kerja adalah aktiva lancar dikurangi kewajiban lancar, current ratio dengan indikator hasil pembagian antara current asset dan current liabilities, cash ratio dengan indikator hasil pembagian antara cash dan current liabilities, dan quick ratio hasil pembagian antara cash dan total deposit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber dan penggunaan modal kerja terhadap likuiditas perusahaan.Penelitian ini dilakukan dari tahun 2010 sampai tahun 2012, dengan mengambil sampel perusahaan yaitu PT Bank OCBC NISP Tbk.
Berdasarkan analisa modal kerja PT Bank OCBC NISP, Tbk berdampak pada likuiditas perusahaan. Hal tersebut ditunjukkan pada tahun 2010 sampai dengan tahun 2012 terjadi peningkatan modal kerja yang berdampak pada likuiditas perusahaan yang likuid. Meskipun terjadi penurunan pada quick ratio dan cash ratio, tetapi terjadi peningkatan pada current ratio dan likuiditas perusahaan selalu mengikuti arah yang bersamaan dengan modal kerjanya.Dalam hal ini, PT Bank OCBC NISP, Tbk harus lebih meningkatkan jumlah kas dan aset lancar agar perusahaan dapat meningkatkan likuiditasnya. Jadi selama perusahaan dapat mempertahankan modal kerjanya tidak mengalami defisit maka kegiatan operasi perusahaan tidak akan terganggu dan likuiditasnya dapat terjaga dengan baik.
Hasil perhitungan pada PT Bank OCBC NISP Tbk, ternyata sumber dan penggunaan modal kerja PT Bank OCBC NISP, Tbk berpengaruh dalam menilai likuiditas perusahaan.

Downloads

Published

2013-03-02

How to Cite

Hanifan, M. Z., & Rangga Bunga, B. (2013). Analisis Sumber dan Penggunaan Modal Kerja Terhadap Likuiditas Pada PT. Bank OCBC NISP, Tbk. Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(1). https://doi.org/10.32832/neraca.v8i1.863

Issue

Section

Articles