Analisis Cost Of Capital Sebagai Alternatif Sumber Pendanaan Eksternal (Studi Kasus Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk)

Authors

  • Yudiana Yudiana
  • Leman Mulyana

DOI:

https://doi.org/10.32832/neraca.v11i2.891

Abstract

Pada umumnya komponen cost of capital atau biaya modal perusahaan terdiri dari biaya modal sendiri (cost of equity) dan biaya hutang (cost of debt). Cost of equity merupakan sumber dana yang dibentuk atau dihasilkan sendiri dari dalam perusahaan. Sedangkan cost of debt adalah sumber dana yang dihimpun dari luar perusahaan. Keberadaan pendanaan tersebut dapat membantu perusahaan untuk melakukan peningkatan aktivitas operasional dan produksinya. Cost of debt, akan menanggung resiko bagi perusahaan berupa beban bunga yang mengikuti pinjaman atau hutang tersebut dan berdampak pada tingkat leverage perusahaan.
Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauh mana kemampuan perusahaan dalam mengelola aset sehingga menghasilkan pendapatan yang mampu menutupi kewajiban dan beban bunga. Serta untuk menganalisis berapa besar tingkat leverage operasi dan leverage keuangan perusahaan dari tahun 2010 sampai dengan 2014.
Hasil analisis yang diperhitungkan melalui debt ratio, bahwa kemampuan perusahaan dalam mengelola aset untuk menutupi kewajiban perusahaan sangat beresiko, karena 91% perusahaan dibelanjai oleh hutang. Sedangkan keuntungan yang dihasilkan untuk menutupi beban bunga dikatakan dalam kondisi kurang baik karena time interest earned ratio yang dihasilkan relatif kecil dengan rataan sebesar 0,38 kali. Selain itu hasil analisis leverage operasi menunjukkan penurunan yang begitu drastis, yaitu dari leverage operasi 5,29x menurun sampai pada titik hasil -1,47x. Sedangkan analisis leverage keuangan menunjukkan hasil yang fluktuatif yaitu dengan rataan 0,66x.

Downloads

Published

2016-09-03

How to Cite

Yudiana, Y., & Mulyana, L. (2016). Analisis Cost Of Capital Sebagai Alternatif Sumber Pendanaan Eksternal (Studi Kasus Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk). Neraca Keuangan : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 11(2). https://doi.org/10.32832/neraca.v11i2.891

Issue

Section

Articles