Analisis Tingkat Manajemen Stres Siswa pada Masa Pandemi Covid- 19 Implimetasi Layanan Bimbingan Konseling

Authors

  • Zakiatun Nufuus
  • Yeni Karneli Program Pendidikan Profesi Konselor (PPPK), Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v2i1.4751

Keywords:

manajemen stres, masa pandemi, implimentasi layanan bimbingan konseling

Abstract

The Covid-19 pandemic is the first and foremost health crisis in the world. A number of countries decided to close schools and colleges. The closure of various agencies in order to minimize the spread rate of Covid-19. Students who should receive direct learning, but must adapt to the LFH (learn from home) method. This condition creates a sense of stress in students. So the researchers are interested in conducting research on stress management for students of SMP Negeri 132 Jakarta during the Covid-19 pandemic. This is to find an overview of how students' stress management is, especially in this pandemic condition, which has more challenges than pre-pandemic conditions. This study aims to determine and describe the level of stress management of students at SMP Negeri 132 Jakarta during the Covid-19 pandemic. The research method used is descriptive quantitative. The sample used was 100 students who were selected using purposive sampling technique. This study uses a stress management scale based on the aspects of time management, building an optimistic attitude, managing activities wisely, avoiding procrastination, and maintaining harmonious communication. In the validity test using the product moment, there are 60 valid items with a reliability level of 0.948 in the very high category. The data analysis technique in this study used a categorization formula based on a normal distribution. The stress management of SMP Negeri 132 Jakarta as a whole is in the medium category with a total of 36 students, or 72%. Furthermore, for the high category there were 8 students or 16%. And the low category only amounted to 6 students or 12%. While the overall level of stress management is in the medium category with 34 students or 68%. Furthermore, for the high category there were 9 students or 18%. And the low category only amounted to 7 students or 14%. Therefore, guidance and counseling teachers can use the results of research to serve as guidelines for service delivery, so that students of SMP Negeri 132 Jakarta can reduce stress levels during the Covid-19 pandemic.

Abstrak

Pandemi Covid-19 merupakan krisis kesehatan yang pertama dan menjadi terutama di dunia. Sejumlah negara memutuskan untuk menutup sekolah dan perguruan tinggi. Ditutupnya berbagai instansi guna meminimalisir tingkat penyebaran Covid-19. Siswa yang seharusnya memperoleh pembelajaran secara langsung, namun harus beradaptasi dengan metode LFH (learn from  home). Kondisi ini menimbulkan rasa stres dalam diri siswa. maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai manajemen stres siswa SMP Negeri 132 Jakarta di masa pandemi Covid-19. Hal ini untuk mengetahui gambaran bagaimana manajemen stres siswa terutama dalam kondisi pandemi ini, yang memiliki tantangan lebih dibanding kondisi pra pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan tingkat manajemen stres siswa SMP Negeri 132 Jakarta di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah  100 siswa  yang dipilih menggunaka teknik purposive sampling.  Penelitian ini menggunakan skala Manajemen Stres berdasarkan aspek Manajemen waktu, Membangun Sikap Optimis, Mengatur Aktivitas Secara Bijak, Menghindari Kebiasaan Menunda, serta Menjalin Komunikasi yang harmonis. Pada uji validitas dengan menggunakan product moment terdapat 60 item valid  dengan tingkar reabilitas  0,948 pada kategori sangat tinggi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus kategorisasi berdasarkan distribusi normal. Manajemen stres SMP Negeri 132 Jakarta secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan jumlah 36 siswa, atau 72%. Selanjutnya untuk kategori tinggi terdapat 8 siswa atau 16%. Dan kategori rendah hanya berjumlah 6 siswa atau 12%. Sedangkan tingkat manajemen stres secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan jumlah 34 siswa atau 68%. Selanjutnya untuk kategori tinggi terdapat 9 siswa atau 18% . Dan kategori rendah hanya berjumlah 7 siswa atau 14%. Oleh karena itu guru BK dapat memanfaatkan hasil penelitian untuk dijadikan pedoman pemberian layanan, supaya siswa SMP Negeri 132 Jakarta dalam menurunkan tingkat stress di masa pandemi Covid-19.

References

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar.

Baskara, B. (2020, April). Rangkaian Peristiwa Pertama Covid-19. Kompas.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan (R. M. Sijabat (ed.); kelima). Erlangga. Irawan, S. (2002). Metode Penelitian Sosial. Rosdakarya.

Fraenkel, J. R.,& Wallen, N. E (2001). Educational Research: A Guide to the Process (2nd ed). New Jersey, N. J: Lawrence Erlbaum Association Inc.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Education, Psychology and Counseling Journal, Volume 2(April), 2716–4446.

Rasmun. (2004). stres, koping, dan adaptasi (pertama). CV. Sagung Seto.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi (D. Sunardi (ed.); 12th ed.).

Salemba Empat.

Rohim, R. (2016). HUBUNGAN ANTARA SPIRITUALITAS DAN MANAJEMEN STRES PADA INDIVIDU PARUH BAYA.

Saputra, S. D. (2016). PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP MANAJEMEN STRES PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KASIHAN. In IOSR Journal of

Economics and Finance (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b- 000238666

Sarastika, P. (2014). Manajemen Pikiran untuk Mengatasi Stres Depresi Kemarahan & Kecemasan (Rmomandhon MK (ed.)). Araska.

Segarahayu, R. D. (2014). Pengaruh manajemen stres terhadap penurunan tingkat stres pada narapidana di lpw malang. 1–16. http://jurnal- online.um.ac.id/data/artikel/artikelDEB288149FBAA98C9CB27EB18035D95A.pdf

Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara. Sugianto, D. (2020, June). Begini Dahsyatnya Efek Corona ke Ekonomi. Detik Finance. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Wahyuningtiyas, E. P., Fasikhah, S. S., & Amalia, S. (2019). Hubungan Manajemen Stres Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(1). https://doi.org/10.24036/rapun.v10i1.105006

Waluyo, M. (2013). psikologi industri (Y. Acitra (ed.)). indeks.

Wijayanti, N. (2013). Strategi Coping Menghadapi Stres Dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan. https://core.ac.uk/download/pdf/33513483.pdf

Downloads

Published

2021-08-18

How to Cite

Nufuus, Z., & Karneli, Y. (2021). Analisis Tingkat Manajemen Stres Siswa pada Masa Pandemi Covid- 19 Implimetasi Layanan Bimbingan Konseling. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 2(1), 19–25. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v2i1.4751

Issue

Section

Artikel