Perhitungan Dan Design Komponen Pneumatik Alat Press Emping Melinjo

Authors

  • Muhammad Ilham Syawalludin Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Budi Hartono Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Roy Waluyo Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/almikanika.v5i2.13897

Keywords:

Desain, efektifitas, melinjo, piston, pneumatic, tekanan.

Abstract

Sistem pneumatik sangat berperan dalam penentuan berhasil atau tidaknya suatu sistem pneumatik. Dikarenakan suatu sistem pneumatik ada proses perpindahan udara dengan melakukan langkah piston sebagai tekanan suatu sistem itu sendiri. Langkah awal hingga akhir dalam sistem pneumatik merupakan proses terjadinya perpindahan tenaga kepada obyek yang akan mengalami proses tekanan. Menentukan desain dan perhitungan yang digunakan merupakan hal penting sebelum melakukan sistem pneumatik. Dari perhitngan daya kompresor, konsumsi udara pada piston, gaya efektifitas piston dan perhitungan tekanan kerja yang dilakukann. Berdasarkan besaran gaya yang sudah diperhitungkan, sehingga diharapkan suatu proses dapat melakukan sistem kerja dengan semestinya, pada alat ini obyek yang akan diberi tekanan kerja adalah melinjo agar dapat menjadi emping. Mesin press yang menggunakan sistem pneumatik untuk menghasilkan tekanan konstan dan waktu yang sesuai terhadap buah melinjo, sehingga menhasilkan ukuran yang sama.

References

Akbar, R. (2017). Dasar Pneumatik Modul Pembelajaran Teknik Mekatronika. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Dermanto, T. (2022). Apa itu pneumatik dan bagaimana cara kerjanya? from http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/08/apa-itu-pneumatik.html.

Erick, Y. (2021). Apa itu Pneumatik? Pengertian, Fungsi, Komponen. from https://stellamariscollege.org/pneumatik.

Pneumatic, P. (2012). Perhitungan Dan Perencanaan Komponen Pneumatic. from http://klikdesignku.blogspot.com/2012/03/perhitungan-dan-perencanaan-komponen.html.

Supriyanto. (2015). Keuntungan Pemakaian Pneumatik. from http://blog.unnes.ac.id/antosupri/keuntungan-pemakaian-pneumatik.

Mulyono, Perencanaan komponen pneumatik, 2010).http://imammulyono002.blogspot.com/2013/06/perencanaan- pneumatic.html.2014.

Sudaryono. (2013). Pneumatik & Hidrolik. Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.

Published

2023-04-14

How to Cite

Syawalludin, M. I., Hartono, B., & Waluyo, R. (2023). Perhitungan Dan Design Komponen Pneumatik Alat Press Emping Melinjo. ALMIKANIKA, 5(2), 80–85. https://doi.org/10.32832/almikanika.v5i2.13897