RANCANG BANGUN MEKANISME TRANSMISI PADA MOBIL LISTRIK OTONOMM
DOI:
https://doi.org/10.32832/almikanika.v1i2.4286Abstract
Perkembangan teknologi pada bidang transportasi di Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Kendaraan otonom (Autonomous Vehicle) juga merupakan salah satu fitur penting masa depan bagi industri otomotif. Tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi mekanisme transmisi poros penggerak roda dengan menggunakan sproket dan rantai, memperoleh kekuatan poros yang digunakan dengan penggunaan material yang sesuai dan mendapatkan nilai perbandingan kekuatan poros antara perhitungan teoritis dan simulas. Metodologi penelitian dilakukan dengan metode analisa, yaitu dengan melakukan mencari putaran torsi sprocket, menghitung torsi pada poros transmisi, menghitung putaran poros roda belakang, menghitung kecepatan mobil listrik, menghitung daya yang ditransmisikan oleh poros dan melakukan pengujian dari kekuatan kontruksi poros roda belakang melalui perhitungan dan simulasi software solidwork. Nilai kecepatan roda sebesar 29,3km/jam, dan menghitung torsi poros transmisi mendapatkan 8,64. Pada poros roda belakang mobil listrik otonom F1 = 35,29N, F2 = 152,88N, F3=588N, F4 = 68,6N dan F5 = 131,26N. Perhitungan poros secara teoritis momen lentur sebesar 112,84 Nm, tegangan lentur (σL) 69,5MPa, perhitungan beban kombinasi momen lentur dan momen puntir sebesar 34,77MPa dan nilai safety factor 5,05. Simulasi poros menggunakan solidworks 2018 dengan material AISI 1020. Nilai simulasi tegangan maksimal yang terjadi pada poros sebesar 69,3MPa, dengan yield strenght 351,571MPa dan nilai safety factor 5,07.
Kata kunci : mobil listrik; poros; sistem transmisi; sproket; rantai.
References
Y. P. A. Wiyono, "SISTEM TRANSMISI OTOMATIS DENGAN METODE CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION PADA MOBIL LISTRIK," e-Proceeding of Engineering : Vol.5, No.3, p. 1, 2018.
N. F. Mustamin, "Optimasi Perhitungan Jarak antara Kendaraan," Jurnal Penelitian Enjiniring, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin , p. 105, 2018.
D. G. Subagio, "RANCANG BANGUN SISTEM TRANSMISI AT(Automatic Transmission), AMT(Automated Manual Transmission), dan CVT (Continuously Variable Transmission) untuk MOBIL LISTRIK dan MOBIL HYBRID," Jurnal Teknologi Bahan dan Barang Teknik Balai Besar Bahan dan Barang Teknik Departemen Perindustrian RI Vol. 1 No. 25, p. 29 & 30, 2011.
Paisal, "Analisa Perbedaan Ratio Sproket Pada Sistem Transmisi Rantai," ENTHALPY-Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin, p. 1, 2018.
H. H. Sigarlaki, "APLIKASI METODE ELEMEN HINGGA PADA PERANCANGAN POROS BELAKANG GOKAR LISTRIK," Jurnal Online Poros Teknik Mesin Volume 4 Nomor 2, p. 106, 2015.
D. M. Prasetyoso, "Rancang Bangun Sistem TransmisiSprocket Chain Pada Mobil Listrik Garnesa," JRM. Volume 01 Nomor 01, p. 69, 2013.
Putra, "ANALISA TEMPERATUR YANG TIMBUL PADA SPROKET DAN RANTAI SEPEDA MOTOR SAAT SEDANG DIJALANKAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KEMULURAN RANTAI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM NISA HEAT," Jurnal Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Tangerang, p. 53, 2018.
Putra, "ANALISA TEMPERATUR YANG TIMBUL PADA SPROKET DAN RANTAI SEPEDA MOTOR SAAT SEDANG DIJALANKAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KEMULURAN RANTAI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM NISA HEAT," Jurnal Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Tangerang, p. 53, 2018.
M. N. Masrukhan, "OPTIMASI KECEPATAN MOTOR DC MENGGUNAKAN PID DENGAN TUNING ANT COLONY OPTIMIZATION (ACO) CONTROLLER," Prosiding SENTIA 2016 – Politeknik Negeri Malang Volume 8 – ISSN: 2085-2347, p. 49, 2016.
S. Buyung, "ANALISIS PERBANDINGAN DAYA DAN TORSI PADA ALAT PEMOTONG RUMPUT ELEKTRIK (APRE)," Jurnal Voering Vol. 3 No. 1, p. 2, 2018.
D. Bassel, "OPTIMASI DIAMETER POROS TERHADAP VARIASI DIAMETER SPROKET PADA RODA BELAKANG SEPEDA MOTOR," Jurnal Online Poros Teknik Mesin Volume 3 Nomor 1, p. 40.