PERANCANGAN KONTROL AUTOMATIC SISTEM PENGEREMAN MOBIL LISTRIK OTONOM

Authors

  • Anggie Randy Pramuditha Universitas ibn khaldun bogor
  • Setya permana sutisna universitas ibn khaldun bogor
  • Edi Sutoyo universitas ibn khaldun bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/almikanika.v1i2.4288

Abstract

Semakin meningkatnya jumlah kendaraan mengakibatkan konsumsi (BBM) meningkat. Hal ini memicu pengembangan penggunaan energi listrik pada sistem transportasi sebagai alternatif pengganti BBM. Oleh sebab itu produksi mobil listrik makin meningkat Mobil listrik adalah mobil yang penggerak utamanya menggunakan motor listrik yang bersumber dari energi listrik yang tersimpan di dalam baterai. Sistem rem yang terpasang pada kendaraan merupakan salah satu piranti komponen yang sangat penting demi menjamin keselamatan. Mendapatkan sistem pengereman otomatis mobil listrik yang aman dan mampu mendukung performa mobil listrik secara keseluruhan dengan baik menjadi hal yang penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pengereman mobil listrik pada variasi kecepatan yang berbeda. Analisa yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan mencari ke stabilan pengereman dengan sistem otomatis menggunakan motor DC,  Sistem rem menggunakan rem cakram, kemudian dihitung gaya pengereman. Hasil perhitungan gaya pengereman total akibat kecepatan dan perlambatan yaitu sebesar 232,45 N dengan kecepatan 3,44 m/s dan jarak 15 m. Perancangan mobil listrik otonom yang berpengaruh pada pengereman salah satunya adalah beban total kendaraan dan pembagian beban terhadap setiap roda. Dapat disimpulkan bahwa sistem pengereman sangat mempengaruhi beban statis dan  beban dinamis pada mobil listrik.

Kata kunci : Beban ; kendaraan ; mobil listrik ; pengereman ; perancangan ;  rem cakram.

References

Antara , I. (2018). ANALISIS GANGGUAN SISTEM REM PADA MOBIL DAIHATSU XENIA SERTA PENANGANANNYA. JURNAL LOGIC. VOL. 18. NO. 1. MARET 2018

Munardi . (2016). TUGAS AKHIR DESAIN DAN ANALISIS PERANCANGAN SISTEM PENGEREMAN DAN GEOMETRI RODA PADA GOKART150CC DOHC, 1 & 2.

Mustamin, N. F. (2018). Optimasi Perhitungan Jarak antara Kendaraan, Jurnal Penelitian Enjiniring, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin 105.

Soedjarwanto, N. (2013). PROTOTIPE PENGEREMAN OTOMATIS UNTUK MOBIL LISTRIK. 11, 2. Jurnal ELTEK, Vol 11 Nomor 0

, Oktober 2013ISSN 1693-4024

Wiyono, Y. P. (2018). SISTEM TRANSMISI OTOMATIS DENGAN METODE CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION PADA MOBIL LISTRIK , e-Proceeding of Engineering : Vol.5, No.3 Desember 2018 | Page 4308.

Published

2021-04-30

How to Cite

Pramuditha, A. R., sutisna, S. permana, & Sutoyo, E. (2021). PERANCANGAN KONTROL AUTOMATIC SISTEM PENGEREMAN MOBIL LISTRIK OTONOM. ALMIKANIKA, 1(2). https://doi.org/10.32832/almikanika.v1i2.4288

Issue

Section

Articles