APLIKASI SOIL MOISTURE SENSOR UNTUK MENDETEKSI MINYAK PADA ROBOT PEMBERSIH LIMBAH MINYAK

Authors

  • Aditia Maulana Yusuf Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Setya Permana Sutisna Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Roy Waluyo Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/almikanika.v4i3.7427

Keywords:

Arduino Uno, Pompa Air DC, Robot Pembersih Limbah minyak, Soil Moisture,

Abstract

Badan Dunia Group of Expert on Scientific Aspects of Marine Pollution (GESAMP) mencatat sekitar 6,44 juta ton per  tahun  kandungan  senyawa hidrokarbon  masuk  ke  dalam  perairan  laut  dunia. Dampak   terhadap   tumpahan   minyak   dapat   berdampak   langsung   terhadap organisma  yang  meliputi  dampak  lethal  (kematian),  sublethal,  plankton  dan  ikan migrasi. Sedangkan dampak langsung dari kegiatan perikanan diantaranya adalah tainting (bau lantung), budidaya dan ekosistem, Perancangan sistem Robot Pembersih limbah minyak dirancang dengan peng aplikasian sensor soil moisture untuk mendeteksi adanya minyak dan juga untuk dapat terkoneksi ke pompa untuk menyedot minyak . Hasil dari pengujian Soil moisture sensor dapat mendeteksi objek minyak kelapa, bensin dengan campuran air, minyak kelapa + air, oli/pelumas, oli/pelumas dan tidak dapat mendeteksi objek Air.Kinerja Soil moisture sensor pada robot pembersih limbah minyak, dimana sensor dapat mendeteksi adanya minyak dengan keberhasilan 5 kali dari 5 kali percobaan pada durasi 3 menit. Ketika durasi 6 menit sensor juga dapat mendeteksi serta pompa dapat menyedot adanya minyak dengan keberhasilan sebanyak 5 kali dari 5 kali percobaan, pada pengujian dengan durasi 10 menit sensor juga dapat mendeteksi dan robot mampu membersihkan minyak dengan menyedot melalui pompa yang dapat menyala dengan keberhasilan 5 kali dari 5 kali percobaan. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa soil moisture dapat diaplikasikan dan diimplementasikan untuk robot pembersih limbah minyak.

Author Biographies

Aditia Maulana Yusuf, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Mahasiswa S1 Teknik Mesin Universitas Ibn Khaldun Bogor

Setya Permana Sutisna, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Dosen Prodi Teknik Mesin Universitas Ibn Khaldun Bogor

Roy Waluyo, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Dosen Prodi Teknik Mesin Universitas Ibn Khaldun Bogor

References

Sulistyono, "Dampak Tumpahan Minyak (Oil Spill) di Perairan Laut Pada Kegiatan Industri Migas dan Metode Penanggulangannya,” Forum Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 49–57, 2013.

N. P. Suci Meinarni, "Dampak Pencemaran Lingkungan Laut Terhadap Indonesia Akibat Tumpahan Minyak Montara Di Laut Timor,” J. Komun. Huk., vol. 2, no. 2, pp. 228–235, 2016.

P. Handoko, "Sistem Kendali Perangkat Elektronika Monolitik Berbasis Arduino Uno R3,” no. November, pp. 1–2, 2017.

P. Harahap, B. Oktrialdi, and C. Cholish, "Perancangan Conveyor Mini untuk Pemilahan Buah Berdasarkan Ukuran yang Dikendalikan oleh Mikrokontroller Atmega16,” Pros. Semin. Nas. Teknoka, vol. 3, no. 2502, p. 37, 2018.

M. Amin, R. Ananda, and J. Eska, "Analisis Penggunaan Driver Mini Victor L298N Terhadap Mobil Robot Dengan Dua Perintah Android Dan Arduino Nano,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 6, no. 1, pp. 51–58, 2019.

S.Andri and J.D.Ismail, "Rancang Bangun Aplikasi Android Untuk Kontrol Lampu Gedung Menggunakan Media Bluetooth Berbasis Arduino Uno,” Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang,Vol.8 No.1, pp. 51-58 2019.

L.F.Muhamad "Rancang Bangun Sistem Sterilization Otomatis PadaRuangan Berbasis Arduino Uno,”, vol. , no. , pp. 1-50, 2022, doi:

Published

2022-07-28

How to Cite

Yusuf, A. M., Sutisna, S. P., & Waluyo, R. (2022). APLIKASI SOIL MOISTURE SENSOR UNTUK MENDETEKSI MINYAK PADA ROBOT PEMBERSIH LIMBAH MINYAK. ALMIKANIKA, 4(3), 115–122. https://doi.org/10.32832/almikanika.v4i3.7427

Issue

Section

Articles