Analisa Pressure Drop Pada Prototype Instalasi Pipa Industri

Authors

  • Andika Firdaus Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Budi Hartono Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hablinur Al Kindi Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/almikanika.v5i1.8015

Keywords:

fluida, instalasi, pipa, pressure drop, pressure gauge

Abstract

Pada dunia industri sistem pemipaan banyak digunakan untuk mendistribusikan fluida. Pendistribusian fluida pada sistem pemipaan, akan terjadi hambatan yang dapat membuat hilangnya suatu energi. Pendistribusian dan hilangnya suatu energi aliran fluida pada pipa, tidak dapat kita amati secara langsung. Untuk itu dilakukan pengujian rugi – rugi aliran pada alat uji rugi-rugi aliran. Pengujian tersebut seperti pengujian terhadap komponen-komponen alat uji, serta memastikan pendistribusian fluida berjalan dengan lancar. Pengujian ini dilakukan pada pipa carbon steel dengan ukuran berbeda pada sisi isap dan sisi tekan, menggunakan pressure gauge. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan penurunan tekanan pada prototype instalasi sistem perpipaan industri. Dari pengujian rugi-rugi aliran dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tekanan yang diakibatkan gangguan lokal, seperti belokan, pembesar penampang, sambungan aplikasi pada pipa dan adanya kerugian yang diakibatkan oleh gesekan antara fluida dengan dinding pipa. Hasil perhitungan teoritis mendapatkan: head total pompa 5,8 m, rugi rugi mayor 2,1226 m, rugi-rugi minor 1,5243 m, dan pressure drop 35,7 kilo pascals (5psi).

Kata Kunci: fluida; instalasi; pipa; pressure drop; pressure gauge  

Author Biography

Andika Firdaus, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Mahasiswa

References

Krisdwiyanto, D., & Akim, A. M. (2017). Pengujian Alat Uji Rugi-Rugi Aliran Dalam Pipagalvanis, Pipa Pvc, Pipastainless Steel Dan Pipa Acrylic. Zona Mesin: Program Studi Teknik Mesin Universitas Batam, 8(2).

Rizal, Y. (2014). Analisa pressure drop pada instalasi pipa alat uji rugi-rugi aliran mengunakan CFD Fluent 6.0. Jurnal APTEK, 5(1), 45-56.

Sanks, R. L., Hanna, D. G., & Jones, G. M. (2009). Pumping Stations for Sewage, Sludge, And Air. Pumping Station for Sewage, Sludge, and Air in Water Storage, Transportation and Distribution, in Encyclopedia of Life Support Systems (EOLSS), Developed under the Auspices of the UNESCO, 369-399.

Sularso, H. T., & Haruo, T. (2000). Pompa dan Kompresor Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan. PT Pradnya Paramitha. Jakarta, Hal, 31.

Sumadi, (1993). Perencanaan Pompa Sentrifugal Satu Tingkat, Debit 150 m3/Jam Head 30 Meter”. Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Published

2023-01-27

How to Cite

Firdaus, A., Hartono, B., & Al Kindi, H. (2023). Analisa Pressure Drop Pada Prototype Instalasi Pipa Industri. ALMIKANIKA, 5(1), 8–18. https://doi.org/10.32832/almikanika.v5i1.8015