UJI KINERJA PROTOTYPE PIPA INDUSTRI MENGGUNAKAN PNEUMATIK TEST ASME SECTION 8 DIV 2

Authors

  • Aditya Angga Sena Ibn Khaldun University Bogor
  • Budi Hartono Ibn Khaldun University Bogor
  • Hablinur Al Kindi Ibn Khaldun University Bogor
  • Fitriani Fitriani Ibn Khaldun University Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/almikanika.v4i4.8019

Keywords:

Instalasi, Kinerja, Sistem Perpipaan, Pengujian, Pneumatik Test.

Abstract

Sistem instalasi perpipaan merupakan suatu sistem yang sangat penting pada kebutuhan industri. Pipa pada umumnya berguna untuk mengalirkan suatu fluida baik itu cair maupun gas, dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan memanfaatkan bantuan mesin ataupun pompa. Pengujian merupakan tahapan terpenting dalam membuat suatu alat, karena dengan adanya suatu pengujian dapat diketahui kinerja dari alat yang dibuat: apakah dapat beroperasi sesuai dengan fungsinya dan sesuai dengan apa yang ditargetkan. Selain itu dari hasil pengujian tersebut dapat diketahui kelebihan dan kekurangan dari alat yang dibuat. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian terhadap prototype instalasi pipa industri dengan menerapkan sistem pneumatik test untuk mengetahui kebocoran yang mungkin terjadi. Tekanan pengujian yang digunakan mengikut standar ASME Section 8 Div 2 dengan tekanan maksimal 3,66 bar pressure. Hasil pengujian menunjukkan kebocoran terjadi pada setiap packing instalasi pipa.

Author Biography

Aditya Angga Sena, Ibn Khaldun University Bogor

UIKA - Mahasiswa

References

Alan, Samuel. (2017). Analisa Aliran Fluida Pada Selang Udara Alat Uji Impact Sistem Pneumatik Kapasitas 220 Psi. Skripsi. FT, Teknik Mesin, Universitas Medan Area, Medan

Asme, (2004). ASME Boiler and Pressure Vessel Code Section VIII Division 2&3 New York: ASME Press.

Cahyono, Edi. (2004). Perancangan Bejana Tekan Vertikal Berisi Udara Untuk Peralatan Pneumatik Kapasitas 8,25 m3 Dengan Tekanan Kerja 5,7 kg/cm2. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Parr, Andrew. (2003). Edisi Kedua, Hidrolika dan Pneumatik. Penerbit Erlangga

Process Piping ASME Code for Pressure Piping, B31, 2016

Suharsono, M.A. (2017). Rancang Bangun Mesin Pemotong Pipa Dengan Sistem Pneumatik. Surabaya: ITS Surabaya.

Sundoro, H.A. (2002). Quality Control Manual for The Shop Fabrication and Field Assembly of Boiler, Boiler External Piping and Pressure Vessel in Accordance with The ASME Code Section I, ASME B31.1 And Section VIII Division I First Edition. Cilegon: PT Cilegon Fabricators.

Thomas, K., (1993). Dasar-Dasar Pneumatika, Alih Bahasa Ginting Dines,Jakarta : Erlangga.

Published

2022-10-28

How to Cite

Sena, A. A., Hartono, B., Al Kindi, H., & Fitriani, F. (2022). UJI KINERJA PROTOTYPE PIPA INDUSTRI MENGGUNAKAN PNEUMATIK TEST ASME SECTION 8 DIV 2. ALMIKANIKA, 4(4), 145–150. https://doi.org/10.32832/almikanika.v4i4.8019