Rancang Bangun Alat Pemisah Pakan BSF (Black Soldier Fly) Dengan Sistem Vibrating

Authors

  • Jatmiko Ega Pratomo Ibn Khaldun University Bogor
  • Gatot Eka Pramono Ibn Khaldun University Bogor
  • Dwi Yuliaji Ibn Khaldun University Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/almikanika.v4i4.8174

Keywords:

BSF, Konsep Knock Down, Residu, Vibrating.

Abstract

BSF (Black Soldier Fly) merupakan larva hermetia illucens sebagai pakan hewani peliharaan masyarakat. Dalam proses pembudidayaan BSF tidaklah mudah, akan tetapi memerlukan waktu yang panjang dan rumit. Salah satu prosesnya adalah pemanenan produk dengan memisahkan antara sisa makanan (residu) dengan larva BSF menggunakan ayakan. Dalam dunia industri pemanenan produk ini masih menggunakan ayakan manual. Untuk skala yang lebih besar maka diperlukan mesin dengan efisiensi yang lebih baik dari sistem sebelumnya. Pada penelitian ini dilakukan perancangan dan proses produksi alat yang sesuai dengan requirement. Requirement yang dimaksudkan dalam perancangan adalah menggunakan sistem vibrating serta menerapkan konsep knock down.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa mesin yang dibuat mampu bekerja dengan baik untuk memisahkan antara residu dengan larva menggunakan sieve 1 sebagai pemisah utama antara residu dan larva ukuran mesh 10 mm x 10 mm, sedangkan sieve 2 sebagai pemisah layer 2 untuk residu yang tidak terayak total pada sieve 1 menggunakan ukuran mesh 5 mm x 5 mm. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa alat yang dibuat sudah mampu mengayak larva secara kontinyu, sehingga residu halus dan larva BSF dapat keluar dengan sendirinya.

References

Angga Sateria, E. Y. Rancang Bangun Mesin Pengayak Pasir Untuk Meningkatkan Produktivitas Pengayakan Pasir Pada Pekerja Bangunan. 4.

Arief Sabdo Yuwono, P. D. (2018). Penggunaan BSF Dalam Pengolahan Limbah Organik. Bogor: SEAMED BIOTROP.

Gold, M. (2017). Proses Pengolahan Sampah Organik Dengan BSF. zurbrugg, switzerland: leanza mediaproduktion GmBH.

Irawan, H. S. (2015). Struktur Mesin Pengayak Pasir. 25-27.

Joseph E. Shingley, L. D. (1996). Perancangan Teknik Mesin Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Primasatyaa, A. F. (2009). Pengukuran Besarnya Distorsi Angular Dan Tegangan Sisa Pada Baja JIS G3101 SS 400 Dengan Menggunakan Proses Pengelasan FCAW.

Shitanggang, N. (2007). Perencanaan Sambungan Profilm Baja. (http://l2a007001.studentsblog.undip.ac.id).

Sonawan, H. (2014). Perancangan Elemen Mesin. Bandung: Alfabeta.

Sularso, K. S. (1991). Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pradya Paramita.

Szilard Rudolf, W. (1974). Teori Dan Analisis Pelat. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Pratomo, J. E., Pramono, G. E., & Yuliaji, D. (2022). Rancang Bangun Alat Pemisah Pakan BSF (Black Soldier Fly) Dengan Sistem Vibrating. ALMIKANIKA, 4(4), 159–163. https://doi.org/10.32832/almikanika.v4i4.8174