EFEKTIFITAS PROGRAM EKSTRAKULIKULER KELOMPOK ILMIAH REMAJA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 2 KOTA BOGOR
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Efektifitas Progam Ekstrakulikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 di Kota Bogor ?".
Untuk memecahkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk megetahui Efektifitas Progam Ekstrakulikuler Kelompok Ilmiah Remaja Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa teknik angket, observasi, studi literature dan wawancara yang diberikan kepada 30 orang responden. Ditetapkan pula pertanyaan penelitian yang nantinya akan menjawab tujuan penelitian, yaitu sebagai berikut; “Bagaimana Efektifitas Program Ekstrakulikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN 2 Kota Bogor ? Dari hasil penelitian, didapat banyak data yang kemudian diolah dengan menggunakan perhitungan persentase, dan akhirnya dapat diketahui ;
Responden dalam penelitian ini keseluruhannya duduk di kelas X pada jurusan Ilmu Pengetahuan Alam. Untuk memenuhi kebutuhan belajarnya, mereka mengikuti kegiatan belajar melalui Kelompok Ilmiah Remaja yang merupakan satuan pendidikan sejenis pada jalur pendidikan luar sekolah yang berfungsi sebagai pelengkap dari pada pendidikan formal (sekolah).
Sementara itu efektifitas dari pada program Kelompok Ilmiah Remaja dalam meningkatkan prestasi belajar, dapat dilihat dari prestasi siswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut meliputi tiga ranah perkembangan yaitu: (1) Ranah Kognitif, (2) Ranah Afektif, dan (3) Ranah Psikomotorik, yang ditandai dengan perkembangan sikap ilmiah, kemampuan dalam memecahkan masalah, kepekaan yang tinggi dan menggunakan metode yang sistematis, objektif, rasional dan berprosedur dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapinya.