HUBUNGAN ANTARA PELATIHAN LIFE SKILL BUDIDAYA IKAN LELE DENGAN PENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA BABAKAN KECAMATAN CISEENG KABUPATEN BOGOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelatihan life skill budidaya ikan lele dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Babakan Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. dilakukan di P2MKP Jumbo Lestari Desa Babakan Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Dengan Populasi yang sekaligus menjadi sampel penelitian yaitu para peserta pelatihan budidaya ikan lele yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah ; observasi, angket, studi literature dan wawancara. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan Pengujian persyaratan analisis melalui uji normalitas data serta Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menghitung harga mean. Analisis data untuk uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi product moment pearson, setelah diketahui nilai r, maka untuk menguji signifikansi koefisien korelasi menggunakan rumus t hitung, dan untuk mengetahui besarnya persentase derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y digunakan koefisien determinasi, sementara itu untuk melengkapi fungsi penelitian, maka dilakukan uji regresi linear sederhana.Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan antara pelatihan life skill budidaya ikan lele dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Babakan Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor dengan kontribusi 42% dan sisanya 58% merupakan kontribusi dari faktor lain diluar pelatihan life skill. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel (4,525 > 2,048) pada taraf nyata 5% (0,05) dengan tingkat kepercayaan 95%.Downloads
Published
2013-02-28
How to Cite
ARIYANI SRI, I., & ., N. (2013). HUBUNGAN ANTARA PELATIHAN LIFE SKILL BUDIDAYA IKAN LELE DENGAN PENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA BABAKAN KECAMATAN CISEENG KABUPATEN BOGOR. ANDRAGOGI, 13(1). Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ANDRAGOGI/article/view/842
Issue
Section
Artikel