HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL WARGA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SKB KABUPATEN BOGOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional warga belajar terhadap hasil belajar matematika di SKB Kabupaten Bogor dengan berdasar pada teori kecerdasan emosioal dan hasil belajar. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, populasi penelitian berjumlah 62 orang, di jadikan sampel sebanyak 36 warga belajar dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi litelatur. Hasil penelitian diperoleh ttabel sebesar 2,03224, dan t hitung
sebesar 5,129 lebih besar daripada t tabel sebesar 2,03224 atau t hitung (5,129
> 2,03224). Berdasarkan pembahasan dan analisis yang telah dilakukan, maka penelitian ini secara sempurna menolak (Ho) dan menerima secara sempurna hipotesis alternatif (H1). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kecerdasan emosional warga belajar terhadap hasil belajar matematika Paket C DI SKB Kabupaten Bogor.