HUBUNGAN KECEPATAN, VOLUME DAN KEPADATAN PADA JALAN RAYA PAJAJARAN KM 5 ARAH SUKASARI-BARANANGSIANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GREENBERG

Authors

  • Lukmanul Hakim

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v6i2.2265

Keywords:

Model turunan matematis, volume, kecepatan, kepadatan.

Abstract

Arus  lalu  lintas  berkenaan  dengan  teori  lalu  lintas  menyebutkan  bahwa  pada  saat  sekarang  ini di konsentrasikan pada variabel-variabel volume (V/Flow), Kepadatan Kendaraan (Density/D/Konsentrasi) dan Kecepatan (Speed/US).Ketiga variabel lalu lintas semakin hari semakin mendapat perhatian khusus dimana kesemuanya ini disebabkan arus/kondisi yang ada sekarang menggambarkan beberapa kendaraan yang bergerak pada saat bersamaan, dan semenjak hubungan dari ketiga variabel tersebut menggambarkan kualitas dan kapasitas dan tingkat pelayanan yang dialami oleh pengemudi masing-masing kendaraan.Dari uraian tersebut dicari bagaimana hubungan dari ketiga variabel tersebut dengan media penelitian jalan, yaitu pada jalan pajajaran, sukasari menuju baranang siang. Tujuan studi ini adalah menganalisa arus lalu lintas yang terdiri dari variabel volume (V), kecepatan (U) dan kepadatan (D).kemudian menuangkan kedalam suatu model turunan matematis Greenberg, sehingga dapat diketahui variasi hubungan antara ketiga variabel dan nilai maksimumnya. Data yang di peroleh dalam studi ini langsung dicatat dari lokasi penelitian, yaitu volume lalu lintas dan kecepatan ruang kendaraan. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada hari senin, sabtu dan minggu, data yang dihasilkan dalam penelitian ini ialah Hasil persamaan hubungan matematis antara kecepatan-kepadatan, volume- kecepatan, dan volume- kepadatan, yang memiliki hubungan matematis yang cukup kuat   sampai dengan sangat kuat, dilihat dari nilai korelasi yang berkisar antara -0,849- -0,96,dari grafik juga dapat dilihat data tersebar atau tidak mengumpul disuatu tempat, dan pada model greenbergkepadatannya pada kondisi macet terjadi pada hari minggu berkisar 881- 942 smp/km.

References

Budi Permana, Lebih Lanjut Dengan Microsoft Excel 97, Elek Media Komputindo, PT Gramedia, Jakarta.

Daniel I Gerlough and Mattew J Hubber. 1975 Traffic Flow Theory, Transportation Research Board.(p, 7, p, 49)

Direktorat Jenderal Bina Marga, Panduan Survey dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas.

Direktorat Jenderal Bina Marga, Tata Cara Pelaksanaan Survey Penghitungan Lalu Lintas Cara Manual.

Martin Wohl and Brian V Martin,1967 Traffic System Analysis,Mr Graw-Hill Series In Transportation.(p. 332).

Morlok, Edward K,1985 (p, 187).Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga Jakarta,

Tamin Ofyar Z,(1992)Perencanaan, Pemodelan, dan Rekayasa Transportasi, ITB Bandung

Pignataro, LJ. (1973)Traffic Engineering Theory and Practice.Prentice Hall, Inc.

Salter, R.J. (1976) Highway Traffic Analysis and Design. Mac Millan Press Ltd, London.

Syaiful, Syaiful, 2005, Analisis Kebisingan Arus Lalu Lintas Dan Geometri Jalan Di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Diponegoro University, Semarang: INSTITUTIONAL REPOSITORY.

Hoobs, F.D. (1979) Traffic Planning and Engineering Practice, Pergamon Press Ltd.

Downloads

Published

2020-01-18

How to Cite

Hakim, L. (2020). HUBUNGAN KECEPATAN, VOLUME DAN KEPADATAN PADA JALAN RAYA PAJAJARAN KM 5 ARAH SUKASARI-BARANANGSIANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GREENBERG. ASTONJADRO, 6(2), 87–96. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v6i2.2265

Issue

Section

Articles