ANALISIS POTENSI BANGKITAN DAN TARIKAN (Studi Kasus pada Stasiun LRT Kedunghalang Kota Bogor)

Authors

  • Aristian Putra Dwi
  • Tedy Murtejo

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v6i2.2267

Keywords:

Tataguna lahan, bangkitan dan tarikan, simulasi saturn.

Abstract

Adanya  pembangunan disuatu wilayah akan menimbulkan potensi bangkian dan tarikan. Bangkitan dan tarikan adalah tahapan permodelan yang memperkirakan jumlah pergerakan yang berasal dari suatu zona atau tata guna lahan dan jumlah pergerakan yang tertarik ke suatu tata guna lahan atau zona,Oleh karena itu pembangunan, penambahan, perbaikan sarana dan prasaran serta fasilitas transfortasi harus sejalan dengan tuntutan perkembangan wilayah atau daerah. Sesuai dengan rencana,Bogor Transfortation Program dengan membangun stasiun LRT yang berlokasi di daerah kedunghalang. Untuk mengantisipasi timbulnya masalah transportasi maka dilakukan kajian mengenai analisi potensi bangkitan dan tarikan untuk mengetahui seberapa besar pergerakan yang masuk atau keluar dari ataupun masuk ke sebuah zona. Data yang digunakan dalam model bangkitan dan tarikan adalah berbassih sebuah zona dan jaringan Output dari model simulasi ini adalah potensi Demand pada tahun 2016 -2030 sehingga bisa memprediksikan seberapa besar pergerakan perjalanan Desire Line pada masa mendatang. Perhitungan jumlah kendaraan yang melewati daerah sekitaran kawasan kedunghalang dengan menggunakan Traffic Count pada masing – masing jalan sehingga bisa diketahui berapa jam puncak pada hari sibuk kerja maupun libur kerja, yang nantinya sehingga akan di dapat satuan mobil penumpang, setelah itu di buat jaringan serta MAT tahun 2020-2030 untuk dibebankan pada jaringan, untuk mengetahui seberapa besar Demand Flow serta Desire Line dengan menggunakan software SATURN. hasil dari analisis software SATURN didapatkan kesimpulan bahwa dengan adanya pembanguanan LRT didaerah Kedunghalang akan menimbulkan bangkitan dan tarikan di wilayah Bogor Utara.

References

Irawan Setia Budi.2007. Pengaruh penggunaan lahan terhadap bangkitan dan tarikan pergerakan di sepanjang jalan gadjah mada kota batam Batam.

Tamin, O. 2010. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Jurusan Teknik Sipil ,Institut Teknologi Bandung : ITB.

Wahyuningsih,A2012. Analisi Bangkitan dan Tarikan Perjalanan, Program Sudi Magister teknik Sipil. Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta,Surakarta.

Nasution,M ,2004. Manajemen Transportasi Edisi Kedua., Jakarta.:Ghalia Indonesia

Airlangga,A.Modul Pelatihan Paket Program Saturn,

Vilet, D.V, 2010.Version 10.9 Manual Book SATURN.:Atkins

Rumangga, A.A, 2014. Panalisis Model Bangkitan Tarikan Kendaraan Pada Sekolah Swasta Di Zona Pinggiran Kota Makassar, Jurusan teknik Sipil.Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Makassar,Makassar.

Directorat Jendral Bina Marga., 1997,. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).:SWEROAD bekerja sama dengan P.T Bina karya (PERSERO)

Downloads

Published

2020-01-18

How to Cite

Dwi, A. P., & Murtejo, T. (2020). ANALISIS POTENSI BANGKITAN DAN TARIKAN (Studi Kasus pada Stasiun LRT Kedunghalang Kota Bogor). ASTONJADRO, 6(2), 104–114. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v6i2.2267

Issue

Section

Articles