ANALISIS DAMPAK LALULINTAS PEMBANGUNAN APARTEMENT MBR DISTASIUN PALEDANG
DOI:
https://doi.org/10.32832/astonjadro.v7i2.2279Keywords:
Analisis dampak lalulintas, masyarakat berpenghasilan rendah, stasiun paledang.Abstract
Pembangunan suatu kawasan tertentu mempunyai pengaruh terhadap lalu lintas di sekitarnya. Hal ini terjadi disebabkan oleh perubahan tata guna lahan yang menghasilkan pergerakan arus lalu lintas keluar masuk lokasi tersebut sehingga akan berpengaruh pada pola pelayanan transportasi di wilayah yang bersangkutan. Pembangunan Apartemen Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) ini diperkirakan akan berdampak negatif pada lalu lintas eksternal disekitar kawasan pengembangan. Mengantisipasi timbulnya masalah transportasi akibat pengembangan dan pembangunan, maka dalam studi ini akan dilakukan kajian Analisis dampak lalulintas dikawasan stasiun Paledang. Evaluasi dampak lalu lintas dipergunakan untuk memprediksi apakah infrastruktur transportasi mampu melayani lalu lintas yang ada (eksisting) ditambah dengan lalu lintas yang dibangkitkan atau ditarik oleh pusat kegiatan baru. Hasil yang diperoleh Terdapat pembebanan pada scanario do Minimum dan Jalan yang terkena dampak parah yaitu Jl. Kapten Muslihat 1 yang mempunyai nilai VCR 0,63 dan diprediksi tahun 2025 0,87 dan VCR Jl. Kapten Muslihat 2 0,60 tahun 2020, 0,82 tahun 2025 , Hal Ini memprediksikan bahwa untuk mengantisipasi kenaikan volume pada ruas jalan kawasan studi maka perlu dibuat skenario do something yang akan menambahkan tingkat pelayanan jalan yang lebih baik, dimana pada scanario do something VCR Jl. Kapten Muslihat 1 menjadi 0,33 pada tahun 2020 dan 0,43 pada tahun 2025, Jl. Kapten Muslihat 2 0,30 pada tahun 2020, 0,43 pada tahun 2025 dengan membuat sistem ganjil-genap pada ruas jalan.
References
Badan Pusat Statistik. 2010 Laju Pertumbuhan Kota Bogor.
Direktorat Kementrian Perhubungan. 2015. Penyelenggara Dampak Lalu Lintas, Kementrian Perhubungan.
Direktorat Jendral Anggaran Kementrian Keuanagan. 2015. Peranan APBN Dalam Mengatasi Backlog Perumahan Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.
Google Earth 2018. Tanggal 8 September 2018 . Pukul 13.00 WIB.
Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). 1997. Direktorat Jendral Bina Marga . Departement Pekerja umum. Jakarta.
Momon. 2013. Penanganan dampak lalu lintas terhadap pembangunan pasar tradisonal dan pasar modern (mall) simpang haru. Volume 5 Nomor 2 Edisi Juni 2013.
Ortuzar, J. de D. Willumsen, L. G. (1990). Modelling Transport. John Wiley & Sons Ltd).
Peraturan Pemerintah UU No 11. 2011 . tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, Masyarakat Berpenghasilan Rendah
Syaiful, Syaiful, 2005, Analisis Kebisingan Arus Lalu Lintas Dan Geometri Jalan Di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Diponegoro University, Semarang: INSTITUTIONAL REPOSITORY.
Sukirman.1999. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik.
Tamin. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Paper submitted to ASTONJADRO is the sole property of the Astonjadro Journal. Unless the author withdraws the paper because he does not want to be published in this journal. The publication rights are in the journal Astonjadro.ASTONJADRO
LICENSE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO