PERENCANAAN PENINGKATAN PERKERASAN JALAN BETON PADA RUAS JALAN BABAKAN TENGAH KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Maudiawan Mubarak Universitas Ibn Khaldun Bogor, INDONESIA
  • Rulhendri Rulhendri Universitas Ibn Khaldun Bogor, INDONESIA
  • Syaiful Syaiful Universitas Ibn Khaldun Bogor, INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v9i1.2694

Keywords:

Rigid Pavement, Geometric Path, Pavement Thickness

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam melakukan mobilitasnya. Jalan Dramaga merupakan jalan di kabupaten Bogor yang mempunyai tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi, telah dilakukan pengembangan ruas jalan pada tahun 2018 yang menghubungkan jalan Dramaga dan jalan Laladon dalam rangka mengurangi kemacetan. Selain dari itu, jalan babakan tengah sebagai akses jalan menuju dramaga mengalami kerusakan akibat tidak terpeliharanya lingkungan sekitar dan buruknya saluran drainase. Telah dilakukan beberapa kali penanganan dalam perbaikan kerusakan tersebut namun hasilnya tidak sampai bertahan lama, dan rusak kembali. Oleh karena itu, perlu adanya suatu penanganan yang tepat yakni dengan meningkatkan jalan menjadi perkerasan kaku (rigid pavement) yang dapat bertahan lama dan melakukan analisis geometrik jalan dalam meningkatkan arus lalu-lintas. Dalam penelitian ini, dihasilkan tebal perkerasan sebesar 25 cm dari hasil perhitungan menggunakan metode AASHTO, dengan tulangan memanjang D12-500 dan tulang melintang D12-300, dengan sambungan melintang menggunakan  dowel yang digunakan diameter 32 mm panjang 450 mm, sambungan memanjang digunakan tie bar berdiameter 16 mm, panjang 20 cm dan jarak = 100 dan hasil analisis geometrik didapatkan 1 tikungan dengan jenis full circle dengan nilai jari-jari minimum sebesar 112, 04 m.

Author Biographies

Maudiawan Mubarak, Universitas Ibn Khaldun Bogor, INDONESIA

Universitas Ibn Khaldun Bogor, INDONESIA

Rulhendri Rulhendri, Universitas Ibn Khaldun Bogor, INDONESIA

Universitas Ibn Khaldun Bogor, INDONESIA

Syaiful Syaiful, Universitas Ibn Khaldun Bogor, INDONESIA

Universitas Ibn Khaldun Bogor, INDONESIA

References

AASHTO. 1993. Guides for design of pavement structure. American Assocation of state Highway and Transportation Officials.

Ari Gunawan, 2015. Analisis Fungsi dan Pelayanan Jalan Kota Bogor, ASTONJADRO Jurnal Rekayasa Sipil, 4(1),pp.47-53.

http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/822/661

Baharudin Sudarman, Rulhendri. 2015. Perencanaan Geometrik Jalan dan Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Garendong-Janala, ASTONJADRO Jurnal Rekayasa Sipil, 4(1), pp.28-35. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/820

Budiawan Teddy, 2017. Studi Peningkatan Jalan Beton Pada Ruas Jalan, Skripsi. (tidak dipublikasikan), Bogor.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga, 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Fakhruriza M. Pradana, 2016. Perencanaan Tebal Lapis Perkerasan Kaku Dengan Metode Bina Marga 2003 dan Metode AASHTO 1993 (Studi Kasus: Jalan Akses Tol Cilegon Barat).

Simposium XIX FSTPT, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Hendarsin L. Shirley, 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Politeknik Negeri Bandung, Jurusan Teknik Sipil, Bandung.

Rulhendri, Nurdiansyah. 2016. Perencanaan Perkerasan Dan Peningkatan Geometrik ASTONJADRO Jurnal Rekayasa Sipil, 5(1),pp.1-10.http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/829

Pd T-14-2003. Perencanaan Perkerasan Jalan beton Semen. Department Permukiman dan Prasana Wilayah, Kementerian PUPR. Jakarta.

SKBI. 2.3.28.1988. 1988. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan, Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum Jakarta.

Suryawan, A. 2009, Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement). Cetakan ke-2, Penerbit Beta Offset. Yogyakarta.

Triyanto, Syaiful, Rulhendri, 2019. Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Ruas Jalan Tegar Beriman Kabupaten Bogor, ASTONJADRO Jurnal Rekayasa Sipil, 8(2),pp.70-79.

Widodo Sri, Nurul Chayati. 2016. Aplikasi Beton Bottom Ash untuk Pondasi Jalan, ASTONJADRO Jurnal Rekayasa Sipil, 5(1), pp.36-45.http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/833

Published

2020-05-19

How to Cite

Mubarak, M., Rulhendri, R., & Syaiful, S. (2020). PERENCANAAN PENINGKATAN PERKERASAN JALAN BETON PADA RUAS JALAN BABAKAN TENGAH KABUPATEN BOGOR. ASTONJADRO, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v9i1.2694

Issue

Section

Articles