PERENCANAAN PENINGKATAN PERKERASAN JALAN BETON PADA RUAS JALAN BABAKAN TENGAH KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/astonjadro.v9i1.2694Keywords:
Rigid Pavement, Geometric Path, Pavement ThicknessAbstract
Jalan merupakan prasarana transportasi darat paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam melakukan mobilitasnya. Jalan Dramaga merupakan jalan di kabupaten Bogor yang mempunyai tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi, telah dilakukan pengembangan ruas jalan pada tahun 2018 yang menghubungkan jalan Dramaga dan jalan Laladon dalam rangka mengurangi kemacetan. Selain dari itu, jalan babakan tengah sebagai akses jalan menuju dramaga mengalami kerusakan akibat tidak terpeliharanya lingkungan sekitar dan buruknya saluran drainase. Telah dilakukan beberapa kali penanganan dalam perbaikan kerusakan tersebut namun hasilnya tidak sampai bertahan lama, dan rusak kembali. Oleh karena itu, perlu adanya suatu penanganan yang tepat yakni dengan meningkatkan jalan menjadi perkerasan kaku (rigid pavement) yang dapat bertahan lama dan melakukan analisis geometrik jalan dalam meningkatkan arus lalu-lintas. Dalam penelitian ini, dihasilkan tebal perkerasan sebesar 25 cm dari hasil perhitungan menggunakan metode AASHTO, dengan tulangan memanjang D12-500 dan tulang melintang D12-300, dengan sambungan melintang menggunakan dowel yang digunakan diameter 32 mm panjang 450 mm, sambungan memanjang digunakan tie bar berdiameter 16 mm, panjang 20 cm dan jarak = 100 dan hasil analisis geometrik didapatkan 1 tikungan dengan jenis full circle dengan nilai jari-jari minimum sebesar 112, 04 m.
References
AASHTO. 1993. Guides for design of pavement structure. American Assocation of state Highway and Transportation Officials.
Ari Gunawan, 2015. Analisis Fungsi dan Pelayanan Jalan Kota Bogor, ASTONJADRO Jurnal Rekayasa Sipil, 4(1),pp.47-53.
http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/822/661
Baharudin Sudarman, Rulhendri. 2015. Perencanaan Geometrik Jalan dan Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Garendong-Janala, ASTONJADRO Jurnal Rekayasa Sipil, 4(1), pp.28-35. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/820
Budiawan Teddy, 2017. Studi Peningkatan Jalan Beton Pada Ruas Jalan, Skripsi. (tidak dipublikasikan), Bogor.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga, 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Fakhruriza M. Pradana, 2016. Perencanaan Tebal Lapis Perkerasan Kaku Dengan Metode Bina Marga 2003 dan Metode AASHTO 1993 (Studi Kasus: Jalan Akses Tol Cilegon Barat).
Simposium XIX FSTPT, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Hendarsin L. Shirley, 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Politeknik Negeri Bandung, Jurusan Teknik Sipil, Bandung.
Rulhendri, Nurdiansyah. 2016. Perencanaan Perkerasan Dan Peningkatan Geometrik ASTONJADRO Jurnal Rekayasa Sipil, 5(1),pp.1-10.http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/829
Pd T-14-2003. Perencanaan Perkerasan Jalan beton Semen. Department Permukiman dan Prasana Wilayah, Kementerian PUPR. Jakarta.
SKBI. 2.3.28.1988. 1988. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan, Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum Jakarta.
Suryawan, A. 2009, Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement). Cetakan ke-2, Penerbit Beta Offset. Yogyakarta.
Triyanto, Syaiful, Rulhendri, 2019. Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Ruas Jalan Tegar Beriman Kabupaten Bogor, ASTONJADRO Jurnal Rekayasa Sipil, 8(2),pp.70-79.
Widodo Sri, Nurul Chayati. 2016. Aplikasi Beton Bottom Ash untuk Pondasi Jalan, ASTONJADRO Jurnal Rekayasa Sipil, 5(1), pp.36-45.http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/833
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Paper submitted to ASTONJADRO is the sole property of the Astonjadro Journal. Unless the author withdraws the paper because he does not want to be published in this journal. The publication rights are in the journal Astonjadro.ASTONJADRO
LICENSE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO