ANALISIS TARIKAN PERGERAKAN TERMINAL PETI KEMAS KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.32832/astonjadro.v9i1.3012Keywords:
pemodelan, tarikan, pergerakan, terminal peti kemas.Abstract
Kegiatan ekspor impor barang di Kota Bandung terus meningkat yang menyebabkan meningkatnya kebutuhan fasilitas penunjang yang dapat mempermudah kegiatan ekspor impor. Menurut RDTRK Wilayah Pengembangan Gedebage, kegiatan pelayanan primer bidang transportasi salah satunya melalui Terminal Peti Kemas Bandung. Barang-barang dari produsen diangkut meuju Terminal peti kemas dengan menggunakan moda transportasi darat. Simpang Gedebage merupakan simpang terdekat dengan terminal peti kemas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tarikan pergerakan Terminal Peti Kemas Kota Bandung ditinjau dari Simpang Gedebage Kota Bandung. Data yang dibutuhkan yaitu data kependudukan, ekonomi, dan lingkungan di sekitar Simpang Gedebage yang diperoleh dari instansi terkait. Data tersebut kemudian dimodelkan dengan metode regresi linier berganda. Volume lalulintas diperoleh dengan cara survei lalulintas pada setiap pendekat simpang. Permodelan dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Perhitungan diproyeksikan dalam 5 tahun dan 10 tahun kedepan. Hasil penelitian yaitu, estimasi tarikan pergerakan pada tahun 2018 adalah 323 kendaraan/jam, pada tahun 2023 adalah 401 kendaraan/jam, dan pada tahun 2028 adalah 478 kendaraan/jam.
References
Akbardin. J (2013) Kajian Model Bangkitan Pergerakan Kawasan Pendidikan Jalan Sultan Fatah Kota Demak , Jurnal Kokoh 364
Akbardin,J. N. Romadian (2013) Analisis Model Tarikan Pergerakan Kapal Di Pelabuhan Cirebon (Astonjadro, 11-2019)
Akbardin.J, Triono (2014) Analisis Pelayanan Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus Pintu Gerbang Atas Universitas Pendidikan Indonesia Jalan Setiabudi Bandung (Jurnal TATAL 9 (2)
Akbardin J, DA. Wibowo (2013) Kajian Bangkitan Lalu Lintas Dampak Pembangunan Cirebon Super Block (astonjadro no. Vol 2)
Akbardin.J H. Karimah (2019) Kajian Tentang Model Bangkitan Pergerakan Permukiman Kawasan Ciwastra Kota Bandung. Astonjadro. No 8 V.2 2019
Akbardin. J. et al (2018) The Influence of Freight Generation Production Characteristics of the Internal–Regional Zone Commodities on Sustainable Freight Transportation Highway Network System MATEC Web of Conferences 159, 01014
(Persero), P. P. (2016). Fasilitas Terminal. Retrieved from Terminal Peti Kemas Semarang: http://www.tpks.com
BPS. (2017). Kota Bandung dalam Angka. Bandung: BPS Kota Bandung.
BPS. (2017). Kota Bandung Dalam Angka. Bandung: BPS Kota Bandung.
Dimensi, P. P. (2016). Analisis Dampak Lalu Lintas Pengembangan Gedung Pelatihan dan Kantor PT. Daya Adicipta Mustika. Bandung: PT. Puri Dimensi Engineering & Management Consultant.
Karimah, H., Agus, S., & Akbardin, J. (2016). Analisis Pengaruh Bangkitan Pergerakan Pemukiman terhadap Kinerja Ruas Jalan Ciwastra Kota Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
O'Flaherty, C. A. (2006). Transport Planning and Traffic Engineering. Oxford: Elsevier Butterworth Heinmann.
Sudjana, M. M. (2013). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
RDTRK-Wil.Gedebage. (2006). Peraturan Walikota Bandung nomor 685. Bandung: Pemerintah Kota Bandung.
Steenken, D., Stefan Vob, & Stahlbock, R. (2004). Terminal Structure and Handling Equipment. Container Terminal Operation and Operations Research, 6.
Sugiyono. (2008). Merode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatiif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Survai Pencacahan Lalu Lintas dengan Cara Manual. (2004). Jakarta: Departemen-Pemukiman-dan-Prasarana-Wilayah.
Susetyo, B. (2010). Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.
Syaiful Syaiful, Sri Wiwoho Mudjanarko, 2019, Noise of Motor Vehicles at from of Baiturrahman Great Mosque Semarang City, The Spirit Of Society Journal, 2 (2) March 2019. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/scj/article/view/902
Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan & Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB Bandung.
Tian, Z. Z., & Wu, N. (2006). Probabilistic Model for Signalized Intersection Capacity with a Short Right-Turn Lane, 1-8.
Triyanto, Syaiful, Rulhendri, 2019. Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Ruas Jalan Tegar Beriman Kabupaten Bogor, ASTONJADRO Jurnal Rekayasa Sipil, 8(2),pp.70-79. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/2628
Vis, F. I., & Koster, d. R. (2002). Introduction. Transshipment of Containers at A Container Terminal, 1-2.
Wibowo, D. A., Agus, S., & Akbardin, J. (2013). Analisis Kinerja Ruas Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon setelah adanya Cirebon Super Block. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Paper submitted to ASTONJADRO is the sole property of the Astonjadro Journal. Unless the author withdraws the paper because he does not want to be published in this journal. The publication rights are in the journal Astonjadro.ASTONJADRO
LICENSE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO