KAJIAN HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN, DAN KEPADATAN LALU LINTAS MODEL UNDERWOOD (Studi Kasus Jalan Lingkar Luar Kota Demak)

Authors

  • Juang Akbardin Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v2i1.776

Abstract

Jalan Raya Pantai Utara (PANTURA) Pulau Jawa mempunyai peranan penting dalam distribusi pergerakan barang dan penumpang nasional. Permasalahan bercampurnya lalu lintas menerus dan lalu lintas kota pada Jalan Raya PANTURA di kota – kota yang dilewati ruas tersebut telah diselesaikan dengan keberadaan jalan lingkar (ringroad) pada masing – masing kota di pantura. Keberadaan Jalan lingkar (ringroad) di kota harus berada pada kondisi allu lintas yang mempunyai
pelayanan yang baik. Perubahan tata guna lahan pada koridor jalan lingkar pada masing – masing kota tidak dapat dihindari secara langsung. Kota Demak yang merupakan hinterland Ibu kota Provinsi mempunyai peranan penting untuk mengendalikan arus lalu lintas menerus tersebut secara tepat.
Jalaln lingkar kota Demak disamping mempunyai tugas pokok sebagi prasarana distribusi lalu lintas menerus, karena perubahan tata guna lahan tersebut mengalami beberapa permasalahan lalu lintas
yang dapat berkembang dan menyebabkan permasalahan lalu lintas yang lebih komplek. Kemacetan, tundaan dan antrian merupakan permasalahan yang timbul dari aktivitas yang berkembang pada guna lahan tersebut. Untuk mengetahui perilaku karakteristik volume , kecepatan dan kepadatan lalu lintas
pada jalan lingkar tersebut maka diperlukan suatu estimasi hubungan volume-kecepatan–Kepadatan lalulintas dengan pendekatan model Underwood sebagai salah satu metode mencari hubungan tersebut. Hasil analisis yang didpatkan pada penelitian tersebut menunjukan bahwa model Underwood hubungan Hubungan Volume – kecepatan (V-S) V = 51 x S x Ln 82,6 / S ;Hubungan (VD)-D

V = 82,6 x D x e 51 ; Hubungan
D
S = 82,6 x e 51
. Dengan nilai signifikasi model R2 = 0,97
Dari pendekatan model Underwood didapat suatu pendekatan fenomena bahwa hubungan volumekecepatan-kepadatan lalu lintas pada jalan lingkar kota Demak harus mulai diantisipasi permasalahan– permasalahan yang akan muncul dalam perubahan tata guna lahan yang terjadi sehinggapelayanan jalan lingkar tersebut apabila ditinjau dari kecepatan-volume dan kepadatannya harus tetapdalam kondisi yang layak.

Downloads

Published

2021-10-05

How to Cite

Akbardin, J. (2021). KAJIAN HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN, DAN KEPADATAN LALU LINTAS MODEL UNDERWOOD (Studi Kasus Jalan Lingkar Luar Kota Demak). ASTONJADRO, 2(1), 16–27. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v2i1.776

Issue

Section

Articles