ANALISIS PENYEDIAAN DERMAGA DI PELABUHAN UMUM ANYER BANTEN MENGHADAPI KEBUTUHAN HINGGA TAHUN 2020

Authors

  • Agus Budiono Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v3i2.812

Abstract

Pertumbuhan perekonomian Pelabuhan Umum Anyer Banten yang meliputi Jakarta, Tangerang, Serang, Cilegon dan juga daerah Jawa Barat menunjukkan yang sangat pesat. Demikian juga dengan jumlah penduduknya yang cenderung mengalami peningkatan. Keadaan ini menyebabakan makin meningkatnya jumlah kunjungan kapal maupun arus bongkar muat barang di pelabuhan yang pada akhirnya berpengaruh terhadap besarnya penggunaan jasa pelabuhan.
Pelabuhan Umum Anyer Banten dengan fasilitas sekarang ini sudah tidak mampu lagi menampung kebutuhan akan penggunaan pelabuhan. Sedangkan anggaran pembangunan parasarana perhubungan digunakan untuk membangun fasilitas pelabuhan terutama fasilitas dermaga. Seiring terjadinya pengusulan dermaga tidak disasri optimalisasi penggunaan fasilitas yang ada. Demikian perlu dilakukan penelitian optimalisasi guna menekan biaya riel dan mengetahui sedini mungkin kapan diperlukan penambahan fasilitas.

Downloads

Published

2014-12-27

How to Cite

Budiono, A. (2014). ANALISIS PENYEDIAAN DERMAGA DI PELABUHAN UMUM ANYER BANTEN MENGHADAPI KEBUTUHAN HINGGA TAHUN 2020. ASTONJADRO, 3(2), 16–28. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v3i2.812

Issue

Section

Articles