KAJIAN TENTANG HUBUNGAN KECEPATAN, VOLUME DAN KEPADATAN MENGGUNAKAN METODE BELL (STUDI KASUS JALAN PAJAJARAN, SUKASARI-BARANANG SIANG)

Authors

  • Ujang Sulaeman
  • Rulhendri Rulhendri
  • Syaiful Syaiful

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v4i1.821

Abstract

Semakin meningkatnya kebutuhan manusia, mengakibatkan terjadinyapeningkatan pergerakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam beraktivitasdan otomatis memerlukan alat transportasi untuk mencapai tempat beraktivitasseperti kantor, sekolah, dan pusat perbelanjaan sehari-hari. Untuk kelancaran transportasi maka kinerja ruas jalan harus baik, kinerja simpul dan ruas dapat diketahui berdasarkan arus lalu lintas ( Flow/V ),  kerapatan kendaraan ( Density / Konsentrasi / D ) dan kecepatan ( Speed / Us ). Ketiga variabel lalu lintas tersebut semakin hari semakin mendapat perhatian khusus dimana kesemuanya inidisebabkan pertambahan pendapatan seiring peningkatan kepemilikan kendaraan dan arus urbanisasi mengakibatkan peningkatan arus lalu lintas.Jalan Pajajaran merupakan jalan dengan status jalan nasional dan funsi jalan merupakan arteri primer yang minimal akses yang mengutamakan kecepatan dan kelancaran.Karakteristik arus dan hubungan antara kecepatan, volumeserta kepadatan yang terjadi di jalanPajajaransangat menarik untuk diteliti. Pengambilan data jalan Pajajaran diambil penggal arah dari Sukasari menuju arah Baranang Siang, dengan kondisi sangat bervariasi dari lengang sampai kondisi sangat rapat.Hubungan antara kecepatan, kepadatan dan volume lalu lintas ini dengan menggunakan metode Bell. Hubungan matematisnilai korelasi yang berkisar antara -0,79 - -0,96,dari grafik juga dapat dilihat data tersebar. Kondisi dijalan antara kecepatan dan kepadatan sangat saling mempengaruhi pada kondisi lenggang sampai padat.Mendapatkan nilai kecepatan dan kepadatan mendekati nol, dimana  nilai  kecepatan pada hari senin berkisar antara 26 - 30 km/jam, sedangkan untuk kepadatan berkisar antara 152 - 232 smp/km, hari sabtu untuk kecepatan arus bebas berkisar antara 27 – 32 km/jam, sedangkan untuk kepadatan maksimal berkisar antara 177- 254 smp/jam, untuk hari minggu kecepatan arus bebas berkisar antara 34 - 36 km/jam, sedangkan untuk kepadatan maksimal berkisar antara 152 - 161, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk hari senin kondisi lalu lintas ruas jalan pajajaran dari arah sukasari menuju arah baranang siang mengalami kemacetan pada waktu-waktu tertentu.

Downloads

Published

2020-01-15

How to Cite

Sulaeman, U., Rulhendri, R., & Syaiful, S. (2020). KAJIAN TENTANG HUBUNGAN KECEPATAN, VOLUME DAN KEPADATAN MENGGUNAKAN METODE BELL (STUDI KASUS JALAN PAJAJARAN, SUKASARI-BARANANG SIANG). ASTONJADRO, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v4i1.821

Issue

Section

Articles