TINJAUAN VOLUME PEMELIHARAAN TAHUNAN JALAN REL BERDASARKAN HASIL TRACK QUALITY INDEX (TQI) (Studi kasus: Lintas Manggarai - Bogor)
DOI:
https://doi.org/10.32832/astonjadro.v4i2.823Keywords:
Track Quality Index (TQI), pemeliharaan jalan rel, passing tonnage, klasifikasi jalan kereta apiAbstract
TINJAUAN VOLUME PEMELIHARAAN TAHUNAN JALAN REL BERDASARKAN HASIL TRACK QUALITY INDEX (TQI). Jalan rel jalur ganda lintas Manggarai-Bogor diawali dari km 9+890 s/d km 54+810 sepanjang 89,840 km pada jalur hulu dan hilir yang berada di dalam wilayah Daerah Operasi/DAOP I Jakarta dan merupakan lintas utama dengan lebar sepur sempit (1067 mm), melayani operasional lebih dari 200 rangkaian kereta api/hari untuk kereta penumpang dan 4 kali perjalanan kereta barang. Untuk itu maka diperlukan perencanaan volume pemeliharaan tahunan jalan rel jalur ganda lintas Manggarai-Bogor yang sesuai dengan standar kebutuhan pemeliharaan jalan rel berdasarkan daya angkut lintas (passing tonnage) dan klasifikasi jalan kereta api (golongan UIC/Union Internationale des Chemins defer dan kelas jalan rel Indonesia) agar kinerja jalan rel tetap dalam kondisi aman dilewati kereta api selama umur pelayanan rel. Dalam penelitian ini dilakukan analisis volume pemeliharaan jalan rel berdasarkan hasil nilai Track Quality Index (TQI) dari hasil pengukuran Kereta Ukur EM-120 untuk menentukan prosentase kategori masing- masing nilai TQI dan panjang kategori masing-masing nilai TQI. Setelah itu dilakukan analisis volume pemeliharaan tahunan jalan rel berdasarkan daya angkut lintas/passing tonnage dan klasifikasi jalan kereta api (golongan UIC/Union Internationale des Chemins defer dan kelas jalan rel Indonesia). Hasil analisis data kereta ukur lintas Manggarai-Bogor berdasarkan kategori nilai TQI jelek (TQI > 50) adalah petak jalan UI-Poc dengan rata-rata nilai TQI 52,03 dengan prosentase 11,24% dan petak jalan dengan kategori nilai TQI baik sekali (TQI < 20) adalah patak jalan Tnt-Lna dengan rata-rata nilai TQI 3,03 dengan prosentase 0,65%. Nilai rata- rata TQI pada petak jalan Ui-Poc berdasarkan type device WSL, LK, LRS, JPL dan BH berturut- turut yaitu 67,20, 42,28, 32,28, 72,00 dan 46,40. Sedangkan nilai rata-rata TQI pada petak jalan Tnt-Lna berdasarkan type device WSL, LK, LRS, JPL dan BH berturut-turut yaitu 0,00, 0,00,15,13, 0,00 dan 0,00. Volume perawatan tahunan didasarkan pada kerusakan petak UI-Poc yaitu sepanjang 1204 m'sp dengan panjang kerusakan pada WSL sepanjang 62,00 m'sp, LK sepanjang 459,00 m'sp, LRS sepanjang 648,00 m'sp, JPL sepanjang 20 m'sp dan BH sepanjang 15,00 m'sp. Untuk mendapatkan hasil perawatan yang sempurna maka perlu dilakukan pemecokan sebanyak 0,70 kali/tahun dan penggantian rel sepanjang 1204 m'sp karena dari hasil hitungan umur rel sudah melebihi batas toleransi.
References
Alamsyah, Alik Ansyori. 2003. Rekayasa Jalan Rel. Malang: Bayumedia.
Hartono. 2012. Lokomotif Kereta Rel Diesel di Indonesia. Depok: PT. Ilalang Sakti Komunikasi.
PT. Kereta Api Indonesia (Persero). 1986. Peraturan Dinas no. 10. Bekasi: Balai Pelatihan
Teknik Perkeretaapian.
PT. Kereta Api Indonesia (Persero). 2012. Buku 2C Rencana Perawatan Tahunan Fasilitas.
Bandung: Subdirektorat Track and Bridge (TJ).
PT. Kereta Api Indonesia (Persero). 2012. Buku Saku Perawatan Jalan Rel. Bandung: Subdirektorat Track and Bridge (TJ).
PT. Kereta Api Indonesia (Persero). 2012. Evaluasi Geometri Jalan Rel atau Kereta Ukur.
Bekasi: Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian.
PT. Kereta Api Indonesia (Persero). 2012. Sistem Perawatan Jalan Rel dan Jembatan
Terencana (Perjana). Bandung: Subdirektorat Track and Bridge (TJ).
Priyanto, Fajar. 2011. Tugas Akhir Perbandingan Hasil Kerja Mesin Perawatan Jalan Rel Type MTT 2406 dengan Type CAT 1499. Sukabumi: Universitas Muhamadiyah Sukabumi.
Rianda, Irvan Rahmat. 2009. Tugas Akhir Perencanaan Konstruksi Atas Jalan Rel Untuk Double Track Antara Stasiun Jatinegara Sampai Stasiun Bekasi. Depok: Universitas Gunadarma.
Utomo, Tri Sury Hapsoro . 2009. Jalan Rel. Yogyakarta: Beta Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Paper submitted to ASTONJADRO is the sole property of the Astonjadro Journal. Unless the author withdraws the paper because he does not want to be published in this journal. The publication rights are in the journal Astonjadro.ASTONJADRO
LICENSE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO