STUDI TENTANG PENENTUAN NILAI VOLUME LALULINTAS MAKSIMUM MENGGUNAKAN MODEL GREENSHIELD PADA RUAS JALAN Km 4

Authors

  • Erwan Eka Suyanto
  • Rulhendri Rulhendri

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v4i2.827

Keywords:

Hubungan matematis volume, kecepatan dan kepadatan.

Abstract

Jalan Pajajaran merupakan jalan dengan status jalan Nasional , merupakan arteri primer yang minimal akses yang mengutamakan kecepatan dan kelancaran pengguna jalan tersebut. Karakteristik arus dan kapasitas (volume maksimum) serta pada kondisi lalu lintas , volume maksimum terjadi di jalan Pajajaran sangat menarik untuk diteliti. Pengambilan data jalan Pajajaran diambil penggal arah dari Baranang Siang menuju arah Sukasari dengan kondisi sangat bervariasi dari lengang sampai kondisi sangat rapat. Analisis karakteristik arus lalu lintas untuk suatu ruas jalan dapat dilakukan dengan mempelajari hubungan matematis antara kecepatan (S), arus (V), dan kepadatan (D) lalu lintas yang terjadi pada ruas jalan tertentu. Lalu lintas yang ada pada suatu ruas jalan pada kenyataannya tidak homogen. Aliran lalu lintas yang terjadi merupakan gabungan antara gerakan-gerakan dari moda dengan karakteristiknya masing-masing. Sehingga keanekaragaman ini membentuk perilaku yang berbeda-beda untuk setiap komposisi dan berpengaruh pula terhadap arus lalu lintas secara keseluruhan. Dari hasil nilai hubungan antar variabel didapat untuk hari senin ada hubungan tetapi sangat kecil, sedangkan hari sabtu dan minggu hubungan cukup kuat antar variabel karakteristik lalu lintas tersebut. Berdasarkan grafik kepadatan dengan kecepatan dapat dilihat data mengumpul diujung pada posisi kecepatan tinggi dan kepadatan rendah(data tidak tersebar dari kepadatan rendah sampai tinggi.

References

Budi Permana, Lebih Lanjut Dengan Microsoft Excel 97, Elek Media Komputindo, PT Gramedia, Jakarta.

Daniel I Gerlough and Mattew J Hubber. Traffic Flow Theory, Transportation Research Board, 1975 (p, 7, p, 49).

Direktorat Jenderal Bina Marga, Panduan Survey dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas.

Direktorat Jenderal Bina Marga, Tata Cara Pelaksanaan Survey Penghitungan Lalu Lintas Cara Manual.

Martin Wohl and Brian V Martin, Traffic System Analysis, Mr Graw-Hill Series In Transportation, 1967 (p. 332).

Morlok, Edward K, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga Jakarta, 1985 (p, 187).

Downloads

Published

2015-12-27

How to Cite

Suyanto, E. E., & Rulhendri, R. (2015). STUDI TENTANG PENENTUAN NILAI VOLUME LALULINTAS MAKSIMUM MENGGUNAKAN MODEL GREENSHIELD PADA RUAS JALAN Km 4. ASTONJADRO, 4(2), 51–56. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v4i2.827

Issue

Section

Articles