APLIKASI BETON BOTTOM ASH UNTUK PONDASI JALAN

Authors

  • Nurul Chayati
  • Sri Widodo

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v5i1.833

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi beton semakin banyak penemuan dibidang material, inovasi pemakaian jenis material baru atau material daur ulang yang di dapat dari bahan sisa proses industri sehingga campuran beton menjadi semakin lebih baik, ekonomis, tahan lama, dapat digunakan sesuai kebutuhan dengan ketentuan dan persyaratan efektifitas penggunaannya. Penelitian ini menggunakan bahan material sisa proses industri atau residu yaitu; Bottom ash sebagai bahan material pengganti atau untuk mengurangi porsi pemakaian agregat halus (pasir Silika dan M-sand) didalam campuran beton. Tujuan dari penelitian yaitu; memperoleh nilai rata-rata tertinggi kuat tekan beton dengan pemakaian Bottom ash terhadap perbandingan pemakaian agregat halus (pasir Silika dan M-sand) di dalam campuran beton untuk pondasi jalan.
Nilai rata-rata tertinggi kuat tekan umur beton 28 hari pada porsi 50% Bottom ash di dalam campuran beton menghasilkan kuat tekan yang paling optimum diantara empat variasi porsi persentase campuran. Pengujian kuat tekan umur beton 28 hari pada porsi 50% Bottom ash diperoleh nilai kuat tekan rata-rata tertinggi sebesar 112.44 kg/cm2 berarti mempunyai nilai perbandingan sebesar 93.70% dari kuat tekan yang disyaratkan spesifikasi CTB yaitu sebesar 120 kg/cm2. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa: Pengujian kuat tekan umur beton 28 hari pada porsi 50% Bottom ash terhadap perbandingan campuran di dalam agregat halus, kuat tekan yang diperoleh tidak bisa digunakan untuk jenis campuran CTB (Cement Treated Base) akan tetapi cukup aman atau dapat digunakan untuk pondasi jalan, yaitu; jenis campuran CTSB (Cement Treated Sub-Base) yang mempunyai persyaratan kuat tekan pada umur beton 28 hari sebesar dan tidak boleh kurang dari 75 kg/cm2 dengan mengikuti ketentuan sesuai persyaratan dan spesifikasi yang berlaku.

Downloads

Published

2020-01-15

How to Cite

Chayati, N., & Widodo, S. (2020). APLIKASI BETON BOTTOM ASH UNTUK PONDASI JALAN. ASTONJADRO, 5(1), 36–45. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v5i1.833

Issue

Section

Articles