Pengaruh Komunikasi dan Kerjasama Tim Terhadap Produktivitas Kerja (Studi pada Puskesmas Karangpucung 2 Kabupaten Cilacap)

Authors

  • Adi Makmur Hidayat Universitas Galuh
  • Apri Budianto
  • Ferrey Herman Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.32832/djip-uika.v3i3.14402

Abstract

Penelitian  ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa masalah yang berhasil diidentifikasi sebagai berikut: Produktivitas kerja pegawai Puskesmas Karangpucung II Kabupaten Cilacap  dilihat dari aspek efektivitas masih belum efektif. Produktivitas kerja pegawai Puskesmas Karangpucung II Kabupaten Cilacap  dilihat  dari aspek ketepatan waktu pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan masih kurang tepat. Produktivitas kerja pegawai Puskesmas Karangpucung II Kabupaten Cilacap  dilihat dari aspek capaian hasil kerja pegawai yang sesuai dengan target yang telah ditentukan masih kurang. Produktivitas kerja pegawai Puskesmas Karangpucung II Kabupaten Cilacap  dilihat dari efesiensi biaya yang di gunakan masih belum optimal. Komunikasi antara pegawai  dengan pegawai masih belum optimal. Komunikasi antara pegawai dengan atasan dapat di katakan masih belum optimal. Masih ada beberapa pegawai yang sulit untuk di ajak kerjasama dalam menyelesaikan pekerjaan. Kerjasama yang terdiri dari banyak orang menuntut adanya kesamaan ide dan gagasan yang sulit untuk di wujudkan Dengan demikian maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh komunikasi  terhadap  produktivits kerja pada Puskesmas Karangpucung 2 Kabupaten Cilacap. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kerjasama tim terhadap  produktivits kerja pada Puskesmas Karangpucung 2 Kabupaten Cilacap?. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh komunikasi  dan kerjasama tim terhadap  produktivits kerja pada Puskesmas Karangpucung 2 Kabupaten Cilacap.Metode yang digunakan adalah deskriptif survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi  cenderung baik dan produktivitas kerja pegawai  cenderung baik, sehingga komunikasi  berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai. Artinya, semakin baik komunikasi, maka akan semakin baik produktivitas kerja pegawai. Kerjasama tim  cenderung baik dan produktivitas kerja pegawai  cenderung baik, sehingga Kerjasama tim  berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai. Artinya, semakin baik Kerjasama tim, maka akan semakin baik produktivitas kerja pegawai. Komunikasi dan kerjasama tim  secara serentak berpengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai . Pengaruh komunikasi  dan kerjasama terhadap produktivitas kerja pegawai  termasuk kategori tinggi.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Makmur Hidayat, A., Budianto, apri, & Herman, F. (2023). Pengaruh Komunikasi dan Kerjasama Tim Terhadap Produktivitas Kerja (Studi pada Puskesmas Karangpucung 2 Kabupaten Cilacap). Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 3(3), 13–22. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v3i3.14402