Pengaruh Motivasi, Komitmen Pegawai Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis)

Authors

  • sri herawati Universitas Galuh
  • Apri Budianto Universitas Galuh
  • Ferrey Herman Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.32832/djip-uika.v3i3.14405

Abstract

Penelitian ini melakukan sebuah riset penelitian dalam menilai pengaruh motivasi, komitmen dan kompetensi terhadap kinerja pegawai. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut:  1) Bagaimana pengaruh Motivasi tehadap kinerja pegawai pada DP2KBP3A Kabupaten Ciamis?; 2) Bagaimana pengaruh komitmen pegawai tehadap kinerja pegawai pada DP2KBP3A Kabupaten Ciamis; 3) Bagaimana pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai pada DP2KBP3A Kabupaten Ciamis. 4) Bagaimana pengaruh Motivasi, komitmen pegawai dan kompetensi terhadap kinerja pegawai pada DP2KBP3A Kabupaten Ciamis? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan metode penyebaran kusioner atau angket. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan studi lapangan. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu dengan penyebaran kusioner Dari penelitian bahwa dapat diperoleh: 1) Hasil dari penelitian di DP2KBP3A Kabupaten Ciamis berpengaruh positif terhadap kinerja petugas dan berpengaruh signifikan, artinya apabila motivasi, komitmen dan kompetensi yang sangat tinggi maka akan berpengaruh terhadap kinerja petugas. Jadi motivasi, komitmen dan kompetensi adalah factor utama dalam meningkatkan kinerja petugas pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis akan meningkat pula.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

herawati, sri, Budianto, apri, & Herman, F. (2023). Pengaruh Motivasi, Komitmen Pegawai Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis). Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 3(3), 45–59. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v3i3.14405