Peran Perencanaan dan Pengembangan Karir Pada Kinerja Guru di Pesantren Al-Umm ASWAJA

Authors

  • Mohamad Abdi Baha Universitas Ibn Khaldun
  • Nilam Siti Nur Kholifah

DOI:

https://doi.org/10.32832/djip-uika.v3i2.14576

Abstract

Peran guru dalam sebuah lembaga pendidikan tentunya adalah aspek utama di mana segala bentuk kegiatan belajar mengajar dimulai melalui persiapannya. Kualitas guru dalam mengajar maupun dalam membangun sebuah pembelajaran yang baik tentunya akan berdampak pada hasil pembelajaran kelas dan hasil keluaran siswa. Untuk mendapatkan guru yang berkualitas, maka diperlukan perencanaan dan pengembangan karir sebagai  guru ataupun sebagai karyawan dalam sebuah lembaga pendidikan khususnya di sebuah pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan perencanaan dan pengembangan karir terhadap kinerja guru di pesantren A-Umm ASWAJA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan dilakukan di pesantren Aswaja.  hasil penelitian ini akan  mendeskripsikan; (1) Peran perencanaan karir terhadap kinerja guru di Pesantren Al-Umm ASWAJA, (2) Peran pengembangan karir terhadap kinerja guru Pesantren Al-Umm ASWAJA, (3) Peran perencanaan dan pengembangan karir terhadap kinerja guru di pesantren Al-Umm ASWAJA.

Kata kunci: Perencanaan, Pengembangan, dan Kinerja

Author Biography

Mohamad Abdi Baha, Universitas Ibn Khaldun

Magister Management, Sekolah Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun Bogor

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Abdi Baha, M., & Kholifah, N. S. N. (2023). Peran Perencanaan dan Pengembangan Karir Pada Kinerja Guru di Pesantren Al-Umm ASWAJA. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 3(2), 149–159. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v3i2.14576