Eksternalitas Penutupan Tiktok Shop Terhadap Pendapatan UMKM

Authors

  • Zayda Sulistia Ningrum UPN Veteran Jakarta
  • Dhita Maulia Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Maljalubna Maryam Nisrina Rush Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Nadja Keona Azalia Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Radian Putra Utama Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Renea Shinta Aminda Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Maria Bernadette Nani Ariani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/djip-uika.v4i1.16326

Abstract

Artikel penelitian ini membahas dampak eksternalitas dari penutupan TikTok Shop terhadap pendapatan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia. Studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan mencakup hasil survei dari 35 responden UMKM. Penutupan TikTok Shop telah memiliki dampak kompleks pada ekosistem e-commerce, bisnis, dan pengguna, termasuk penurunan jumlah pelanggan, pendapatan bisnis, dan pemutusan hubungan kerja. Studi ini juga mencakup tinjauan dari penelitian sebelumnya tentang dampak e-commerce terhadap kinerja UMKM. Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar UMKM mengalami penurunan jumlah pelanggan setelah penutupan TikTok Shop, namun sebelum penutupan platform tersebut, sebagian besar responden mengakui kontribusi positif TikTok Shop dalam meningkatkan penjualan atau pemasaran usaha mereka. Sebagian besar UMKM juga memiliki platform E-Commerce lain selain TikTok Shop, namun sebagian besar dari mereka tidak mengalami peningkatan penjualan melalui platform online setelah penutupan TikTok Shop. Sebagian besar UMKM juga mengalami penurunan pendapatan usaha setelah penutupan TikTok Shop, dan sebagian dari mereka juga mengalami perubahan biaya operasional atau investasi setelah penutupan. Mayoritas UMKM tidak melihat adanya peluang atau perubahan positif dalam bisnis sebagai hasil dari penutupan TikTok Shop. 

Kata kunci: TikTok Shop; UMKM; E-Commerce; Penutupan Platform; Dampak Eksternalitas; Indonesia.

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Zayda Sulistia Ningrum, Dhita Maulia, Maljalubna Maryam Nisrina Rush, Nadja Keona Azalia, Radian Putra Utama, Renea Shinta Aminda, & Maria Bernadette Nani Ariani. (2024). Eksternalitas Penutupan Tiktok Shop Terhadap Pendapatan UMKM . Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 4(1), 76–87. https://doi.org/10.32832/djip-uika.v4i1.16326